Rabu, 15 Mei 2013

Tips Perawatan Kulit Tubuh yang Mudah dan Murah

Tips Perawatan Kulit Tubuh
Merawat kulit adalah suatu keharusan. Mengapa? Alasan sederhananya adalah untuk menjaga agar kulit tubuh terlihat segar mempesona. Selain itu, merawat kulit tubuh sejak dini sama dengan telah melakukan investasi kesehatan di hari tua. Pasalnya, perawatan yang dilakukan sejak dini dapat mencegah gangguan yang mungkin muncul ketika usia tak lagi muda.

Sering kali orang lupa begitu pentingnya merawat kulit. Sebagai bagian tubuh terluar, kulit selalu terpapar radikal bebas serta factor – factor yang dapat mengurangi kecantikannya. Untuk memperkuat serta menjaga kesehatan kulit, diperlukan perawatan rutin. Perawatan rutin tidak harus dilakukan di tempat – tempat perawatan mewah yang biayanya mencapai ratusan juta rupiah. Sudah banyak tips perawatan kulit tubuh yang tersedia gratis di internet yang bisa dilakukan sehari – hari. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1.    Perbanyak konsumsi air putih

Kenyataan bahwa sebagian besar tubuh manusia tersusun dari cairan merupakan petunjuk begaimana pentingnya konsumsi air putih yang cukup bagi kita. Memperbanyak konsumsi air putih merupakan cara merawat kesehatan kulit tubuh yang tidak hanya mudah dan murah, tapi juga sangat bermanfaat bagi kondisi metabolisme tubuh dan kesehatannya. Konsumsi air yang cukup dapat menghindarkan seseorang dari kemungkinan terkena dehidrasi. Selain itu, air yang cukup untuk tubuh membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegahnya menjadi kering dan bersisik.

2.    Rutin gunakan tabir surya

Tips perawatan kulit tubuh selanjutnya adalah dengan menggunakan tabir surya setiap akan beraktifitas. Paparan sinar ultraviolet berlebih tidak hanya dapat menyebabkan kulit menjadi kering tapi juga menimbulkan resiko penyakit serius lainnya seperti kanker. Tabir surya atau sunblock akan melindungi sel – sel kulit dari paparan langsung terhadap sinar matahari dan menjaga kesehatan kulit lebih baik.

3.    Perhatikan asupan gizi anda

Apa yang kita makan akan sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh keseluruhan. Hal ini berlaku juga bagi kesehatan kulit tubuh. Ada beberapa zat nutrisi yang diperlukan kulit agar tetap terlihat cantik dan mempesona. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi berarti seseorang telah melakukan upaya menjaga kondisi dan kesehatan kulit tubuhnya. Perbanyak asupan makanan dengan kadar vitamin E yang tinggi agar kulit tetap sehat mempesona.

4.    Porsi kebutuhan istirahat tercukupi

Kesehatan kulit tubuh bukan hanya dipengaruhi makanan serta perawatan dari luar yang dilakukan. Kurang istirahat yang cukup dapat memperburuk kondisi kulit. Hal itu disebabkan sel – sel kulit tidak dapat ber-regenerasi dengan baik akibat kurangnya porsi istirahat yang dibutuhkan. Akibatnya, kulit terlihat kusam, tidak cerah dan seringkali kering.

5.    Hindari kontak dengan sinar matahari terlalu banyak

Faktor penyebab gangguan kesehatan kulit tubuh paling banyak disebabkan sinar matahari. Oleh karena itu, tips perawatan kulit tubuh selanjutnya adalah mengurangi kontak langsung dengan sinar matahari dengan menggunakan paying atau jaket untuk melindungi kulit tubuh akan sangat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

0 komentar:

Posting Komentar