Rabu, 15 Mei 2013

Cuci Tangan yang Benar mampu kurangi resiko terjangkit penyakit

cuci tangan yang benar
Jika ditanya “sudahkah anda mencuci tangan dengan baik dan benar?” apa jawaban anda?

Tidak banyak orang yang sadar dan paham akan tata cara mencuci tangan yang baik benar. Kebanyakan orang menganggap bahwa membasahi tangan dengan air dan membersihkannya dengan sabun adalah merupakan cara cuci tangan yang benar. Berikut ini adalah tujuh langkah mencuci tangan  yang benar:


  1. Lepas semua aksesoris yang melekat tangan dan basahi seluruh bagian lengan bawah dengan air yang mengalir.
  2. Ambil sabun dan gunakan pada bagian telapak tangan yang telah sebelumnya dibasahi.
  3. Gosok seluruh bagian tangan yang telah dibasahi selama paling sedikit 20 detik. Gosok berulang dan menyeluruh hingga tiap lekukan jari – jari.
  4. Bilas tangan dengan air yang mengalir hingga busa sabun benar-benar hilang.
  5. Tutup kran dengan tisu. Jangan gunakan tangan yang sudah terbilas bersih.
  6. Keringkan tangan dengan handuk atau tissue.
  7. Hindari menyentuh barang – barang di sekitar setelah mencuci tangan.
atau anda dapat melakukan langkah seperti gambar di bawah ini :


 
Melakukan ke tujuh lankah di atas, anda telah dengan paham membersihkan tangan dengan benar.

Tangan merupakan bagian anggota tubuh yang paling sering kita gunakan. Sering kali orang tidak sadar bahwa tangan merupakan media masuknya kuman yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Dengan mengikuti 7 langkah cuci tangan yang benar, itu berarti seseorang telah mengeliminasi sedikit kemungkinan berpindah atau terjangkit penyakit.

Mencuci tangan bagi sebagian orang merupakan hal sepele dan sering dilupakan. Tapi sebenarnya, mencuci tangan bukanlah hal enteng yang bisa dilupakan begitu saja. Ribuan bahkan jutaan kuman dan bakteri tak kasat mata mungkin telah menempel di tangan anda. Dan bayangkan apa yang terjadi jika jutaan kuman itu masuk ke dalam tubuh anda?

Manfaat dari mencuci tangan dengan baik benar tidak usah dipertanyakan lagi. Seperti yang telah dijelaskan diatas, tangan merupakan media masuknya kuman dan segala jenis bakteri ke dalam tubuh melalui makanan, dengan mencuci tangan dengan benar seseorang sudah melakukan upaya pencegahan masuknya penyakit ke dalam tubuhnya. Kuman di tangan memang tidak kasat mata, tetapi bahayanya tidak bisa dianggap enteng. Kuman yang berasal dari setiap benda yang kita sentuh dapat menyebabkan penyakit yang serius.

Sebarkan budaya mencuci tangan yang benar pada lingkungan sekita anda. Hal itu bisa dimulai dari lingkungan keluarga. Dengan terbiasa mencuci tangan dengan benar, keluarga dapat hidup lebih sehat dan kemungkinan untuk sakit dapat dieliminasi. Gunakan produk pembersih tangan yang ada di pasaran. Dengan menggunakan sabun dan produk pembersih tangan lainnya, tangan akan jauh lebih bersih dibandingkan dicuci dengan air saja.

Cuci tangan dengan benar, mulailah dari sekarang!

0 komentar:

Posting Komentar