Sabtu, 04 Mei 2013

Proses Pencernaan Manusia Yang Sehat

proses pencernaan manusia
Proses pencernaan yang sehat adalah proses pencernaan dimana semua sistem tubuh bekerja secara maksimal sehingga tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Dewasa ini sangat banyak orang yang mengalami gangguan pencernaan dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Ada banyak hal yang menyebabkan pola pencernaan terganggu, diantaranya diet atau pola makan yang tidak teratur dan kurangnya fungsi aktif tubuh. Kurang beraktifitas dapat menyebabkan terganggunya proses pencernaan tubuh. Bila pencernaan tidak normal pada waktu yang berkepanjangan, akan timbul banyak dampak negatif yang akan terjadi pada tubuh. Dibawah ini akan dijelaskan proses pencernaan manusia yang sehat sehingga anda akan memahami bagaiman proses pencernaan itu seharusnya terjadi. Keterangan yang akan diberikan di bawah ini semoga dapat membuka mata para pembaca tentang pentingnya menjaga pencernaan mereka. Semakin mereka sadar akan pentingnya hal ini, semakin sehat pula pencernaan mereka dan juga bagian tubuh yang lain.Dengan demikian anda bisa memperbaiki pola hidup demi kesehatan anda.

1.    Mulut
Makanan akan lebih dulu diproses pada mulut. Untuk proses pencernaan yang sempurna, selalu kunyah makanan dengan sempurna sehingga makanan mudah dicerna oleh lambung. Dianjurkan untuk mengunyah makanan sebanyak lebih dari 30 kecap untuk memastikan makanan benar benar hancur. Dalam mulut terdapat enzim amilase yang berfungsi untuk mengubah zat tepung menjadi zat gula. Setelah makanan diproses dalam mulut, makanan turun menuju kerongkongan.

2.    Kerongkongan
Proses pencernaan manusia berlanjut di kerongkongan. Dari kerongkongan makanan akan didorong oleh otot kerongkongan untuk menuju lambung. Gerakan dorongan dari kerongkongan menuju lambung disebut gerakan peristaltik.

3.    Lambung
Makanan kemudian masuk kelambung untuk diproses oleh enzim enzim yang diolah oleh lambung. Enzim pepsin merubah protein menjadi pepton, asam klorida dalam lambung membunuh bakteri dan mengaktifkan pepton. Makanan yang sudah diproses dalam lambung akan menjadi halus dan langsung menuju ke usus.

4.    Usus halus
Proses penyerapan sari makanan terjadi pada usus halus. Disini terjadi proses pencernaan manusia yang paling penting. Usus halus terdiri dari tiga bagian, yaitu usus 12 jari, usus kosong, dan usus penyerap. Dalam usus dua belas jari terdapat getah pankreas yang menghasilkan enzim tripsin, amilase, dan lipase. Proses penyerapan sari makanan terdapat pada usus penyerap dimana vili yang memiliki banyak pembuluh darah melakukan proses penyerapan sari makanan.

5.    Usus besar
Usus besar adalah bagian terakhir dari proses pencernaan manusia. Pada usus besar sisa sisa makanan yang sudah diproses dalam usus halus akan mengalami proses pembusukan. Proses pembusukan pada usus besar dibantu oleh bakteri yang disebut escherichia coli. Setelah proses pembusukan selesai, makanan akan diteruskan menuju anus untuk dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk tinja.

0 komentar:

Posting Komentar