Rabu, 15 Mei 2013

Manfaat Ikan Gabus bagi Kesehatan

manfaat ikan gabus
Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan predator yang hidup di air tawar. Bentuk kepalanya yang menyerupai ular membuat ikan ini juga disebut sebagai snakehead murrel. Meski bentuknya yang seram menyerupai ular, kebanyakan orang telah mengkonsumsi ikan jenis ini. Selain rasanya yang lezat, mengkonsumsi ikan gabus bagi sebagian orang dipercaya ampuh membawa manfaat penyembuhan pasca operasi, menghilangkan luka bakar dan sebagainya. Berikut ini akan dibahas lebih detail tentang manfaat ikan gabus bagi kesehatan


Kandungan Ikan Gabus


Khasiat ikan gabus yang baik bagi kesehatan ditengarai berasal dari tingginya kandungan protein Albumin pada daging ikan ini. Albumin merupakan salah satu jenis protein yang diproduksi tubuh di dalam hepar atau hati yang kadar tiap harinya mencapai 11-15gr. Dalam ilmu medis, jenis protein ini yang digunakan tubuh dalam proses perbaikan sel – sel tubuh yang rusak, pasca operasi maupun pasca sakit. Kandungan Albumindalam tubuh yang mencapai 60% membuat keberadaan protein Albumin dalam plasma sangat penting. Itu mengapa ikan gabus yang kaya protein Albumin sangat bagus untuk kesehatan. Selain protein Albumin, kandungan lemak dan asam amino dalam ikan gabus dikenal bagus dalam menyembuhkan penyakit gastric.

Manfaat Ikan Gabus


Konsumsi ikan gabus merupakan perawatan penyembuhan yang mudah, murah dan menyenangkan. Jika dibandingkan dengan jenis ikan air tawar lainnya seperti ikan lele, ikan gurami, ikan nila dan ikan mas, ikan gabus memberikan manfaat paling besar bagi kesehatan. Menurut penelitian, konsumsi ikan gabus setiap hari bagi seorang pasien patah tulang dapat pulih sama cepatnya dengan pasien yang melakukan perawatan dengan 4 ampul kantong Albumin senilai 8 juta. Jadi, selain bagus dalam segi menyembuhkan, konsumsi ikan gabus dapat menggantikan perawatan yang bernilai jutaan rupiah.

Mengkonsumsi Ikan Gabus


Konsumsi ikan gabus yang kaya akan kadar Albumin setiap hari akan memberikan efek meningkatkan daya tahan tubuh, mempercepat proses penyembuhan serta mencegah terjangkit penyakit. Selain diperuntukkan bagi orang – orang pasca melakukan operasi, sedang dalam proses penyembuhan dan lainnya, ikan gabus juga dapat diberikan kepada balita. Kadar kolagen yang rendah pada ikan gabus membuat ikan ini tidak hanya cocok bagi orang dewasa namun juga mudah dikonsumsi oleh balita.

Dengan manfaatnya yang luar biasa, ikan gabus dapat diolah menjadi olahan lezat yang mudah. Di berbagai daerah di Indonesia, ikan gabus diolah menjadi beragam masakan, baik direbus, dikukus, digoreng ataupun dibakar. Saat ini, budidaya ikan gabus mengalami peningkatan yang signifikan. Diketahui mempunyai manfaat yang bagus bagi kesehatan, di Sulawesi Selatan mulai dikembangkan industry biskuit balita yang terbuat dari ikan gabus.

Demi mendapatkan manfaat ikan gabus bagi kesehatan yang maksimal, sesoerang dapat mengkonsumsi ikan ini setiap hari.

0 komentar:

Posting Komentar