Selasa, 14 Mei 2013

Manfaat Cabai Di Balik Pedasnya

manfaat cabai
Kesan pertama ketika kata cabai disebutkan pastinya adalah rasa pedas. Bagi para penikmat rasa pedas, penyedap rasa cabai memang merupakan suatu keharusan untuk ditambahkan dalam berbagai makanan yang mereka konsumsi. Terkait dengan sensasi pedas dan panas yang dihasilkan oleh cabai, pasti muncullah kekhawatiran akan terjadinya pengaruh buruk pada lambung jika dikonsumsi secara berlebihan. Akan tetapi, tidak banyak yang tahu mengenai ‘Manfaat Cabai’ bagi kesehatan. Langkah bijaksana atas dua keadaan yang saling bertentangan tersebut adalah dengan memberikan batasan dalam mengkonsumsi cabai untuk menghindari resiko meningkatnya asam lambung dan mempertahankan manfaat lain yang dihasilkan bagi kesehatan. Mari kita simak secara lebih teliti apa saja manfaat cabai bagi kesehatan.

1.    Manfaat Cabai secara mengejutkan ditunjuk sebagai teman baik bagi jantung anda. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan bioflavinoids membantu pembuluh darah anda menjadi elastis. Dengan demikian, pembuluh darah tersebut akan lebih mudah dalam menyesuaikan dengan tekanan darah dari jantung yang fluktuatif. Trio kandungan cabai tersebut juga berperan aktif dalam memerangi kolesterol yang tak baik bagi jantung.

2.    Zat penting lain yang terkandung dalam cabai adalah kapsaisin. Tugas utamanya adalah menghambat hadirnya substance P yang merupakan pemicu proses inflamasi. Terkait dengan hal tersebut, kapsaisin membantu mengurangi resiko timbulnya sakit kepala sebelah (migrain) dan sinus. Kapsaisin ini pula lah yang memicu cabai sebagai salah satu alternatif pereda rasa sakit atau nyeri yang diakibatkan oleh peradangan. Selain itu, kapsaisin inilah yang membantu mengurangi jaringan lemak dalam tubuh dan mempercepat proses metabolisme sehingga cabai berperan besar juga dalam diet alami. Kapsaisin juga memiliki fungsi ganda dalam memerangi sel- sel ganas penyebab munculnya kanker, khususnya kanker prostat.

3.    Hidung tersumbat yang berkelanjutan bisa jadi gejala bahwa anda menderita sinus yang dapat mencapai tahap kronis. Memakan makanan yang pedas dapat membantu membukakan saluran pernafasan yang tersumbat. Kemudian, kandungan anti-bakteri pada cabai merupakan solusi efektif untuk memerangi infeksi sinus yang telah memasuki tahap kronis.

4.    Konsumsi cabai dikatakan sebagai penolong bagi mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi. Pasalnya, cabai memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar insulin hingga enam puluh persen sehingga membantu menurunkan kadar gula darah.

5.    Manfaat cabai dalam membantu melancarkan peredaran darah berefek panjang pada proses mengeluarkan racun yang masuk dan mengendap dalam tubuh.

6.    Bubuk cabai rawit yang dapat anda temukan di toko bahan makanan bisa anda ubah menjadi bentuk pasta dengan mencampurnya dengan air hingga mengental seperti krim. Mengoleskan pasta tersebut pada gusi yang terinfeksi akan memberikan efek positif setelah secara rutin mendiamkannya selama kurang lebih sepuluh menit lalu membilasnya hingga bersih.

Beruntung anda yang suka cabai, karena banyak manfaat cabai bagi kesehatan kita.

0 komentar:

Posting Komentar