Senin, 20 Mei 2013

Manfaat Ikan Tuna bagi Kesehatan

manfaat ikan tuna
Seafood atau ragam budidaya lautan merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Salah satu hewan laut yang nutrisinya telah dikenal orang banyak adalah ikan tuna. Kandungan nutrisi penting dalam daging ikan tuna seperti mineral selenium, potassium, vitamin B complex, asam amino, vitamin D, dan omega 3 sangat penting bagi kesehatan. Konsumsi rutin ikan tuna dapat membuat seseorang memiliki stamina serta performa tubuh yang bagus. Ingin tahu lebih jauh tentang manfaat ikan tuna bagi kesehatan? Simak informasi di bawah ini.

1. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Jika membicarakan tentang ikan tuna, satu hal yang sudah pasti diketahui oleh banyak orang adalah bahwa ikan ini merupakan sumber makanan yang baik untuk meningkatkan kecerdasan. Hal itu bukan tanpa alasan. Manfaat ikan tuna dalam meningkatkan kemampuan kognitif berasal dari kandungan omega-3 nya yang tinggi.

2. Memperbaiki respon hormone insulin

Konsumsi ikan tuna yang kaya akan omega-3 sangat disarankan bagi mereka yang ingin mengurangi berat badan. Ikan tuna sering kali dianjurkan oleh para ahli nutrisi sebagai bahan makanan kaya mineral dan protein yang dapat menggantikan porsi karbohidrat dalam tubuh. Selin itu, penderita diabetes sangat dianjurkan mengkonsumsi ikan tuna karena kandungan omega-3 nya meningkatkan respon hormone insulin pada tubuh.

3. Menjaga kesehatan mata

Sudah tahukan bahwa omega-3 itu baik untuk sistem penglihatan? Omega-3 pada ikan tuna dapat membantu tubuh melawan macular degeneration atau suatu kondisi dimana penglihatan menjadi buruk di usia 50 tahunan. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi ikan tuna sejak muda akan mencegah seseorang mengalami gangguan penglihatan ketika tua.

4. Membantu detoksifikasi

Detoksifikasi merupakan proses dimana hepar melakukan fungsi filtrasinya, menyaring setiap zat atau komponen yang telah masuk kedalam tubuh yang dapa menyebabkan bahaya bagi kondisi tubuh. Ikan tuna disini berfungsi sebagai penunjang fungsi tersebut. Kandungan omega-3 dan selenium dalam ikan tuna merupakan bahan bakar penting produksi gluthatione peroxide, jenis antioksidan untuk proses detoksifikasi.

5. Mencegah kanker

Kaya akan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, daging ikan tuna sangat bermanfaat bagi kesehatan. Zat – zat yang terkandung dalam ikan tuna seperti selenium, potassium, omega-3 serta mineral lainnya membuat kerja fungsi organ tubuh lebih maksimal. Jika performa organ tubuh maksimal, maka penyakit pun enggan mendekat. Seperti itulah bagaimana ikan tuna dapat mencegah kanker.

6. Menjaga mood

Jika anda ingin tidak mudah stress dengan rutinitas keseharian yang super membosankan, mungkin rutin konsumsi ikan tuna adalah cara yang tepat untuk itu. Kandungan EPA pada omega-3 yang terkandung pada ikan tuna dapat membantu memperlancar peredaran darah serta meningkatkan kerja sistem imun. Akibatnya, suasana badan lebih terjaga, begitupun suasana hati.


Mungkin masih banyak manfaat ikan tuna yang lainnya, selain yang disebutkan di atas.

0 komentar:

Posting Komentar