Sabtu, 04 Mei 2013

Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh dan Kesehatan

manfaat karbohidrat bagi tubuh
Banyak orang memiliki cara pandang yang kurang tepat mengenai karbohidrat. Mengkonsumsi karbohidrat sangat penting karena karbohidrat mengandung zat yang penting bagi tubuh. Namun, kebanyakan orang mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebih yang berikutnya diubah oleh tubuh menjadi lemak. Mengkonsumsi karbohidrat sesuai dengan kebutuhan tidak akan menyebabkan berat badan berlebih. Ada banyak manfaat karbohidrat yang bisa anda dapatkan. Salah satu manfaat yang paling penting dari karbohidrat adalah energi. Energi dihasilkan oleh karbohidrat karena karbohidrat dapat dengan mudah diubah menjadi kalori. Selain karbohidrat, sumber kalori yang lain adalah protein.

Dibawah ini adalah macam macam manfaat karbohidrat yang dapat anda dapatkan dari konsumsi nasi, sagu, roti, gandum, dan kacang kacangan. Keterangan yang tertera di bawah ini diharapkan dapat meluruskan cara pandang orang yang kurang tepat tentang karbohidrat dan juga manfaatnya. Hal ini juga diharapkan dapat membuka mata semua orang bahwa karbohidrat sangat penting bagi kesehatan.

1.    Menjadi cadangan energi

Karbohidrat yang tidak terubah menjadi energi akan disimpan dalam tubuh dalam berupa lemak. Ketika badan membutuhkan, lemak akan diproses oleh tubuh untuk menjadi energi. Sangat penting untuk memiliki cadangan energi yang mencukupi demi terpenuhinya kebutuhan badan. Ada pula beberapa jaringan tubuh yang hanya dapat menyerap energi dari sumber karbohidrat saja, seperti sistem syaraf dan eritrosit. Karbohidrat juga melindungi dan menjadi penghemat protein tubuh. Hal ini sangat penting karena energi adalah kebutuhan utama tubuh. Jika asupan energi tidak mencukupi, maka protein akan menggantikan fungsi karbohidrat.

2.    Membantu metabolisme lemak dan protein.
Karbohidrat membantu metabolisme lemak dan protein untuk mencegah terjadinya ketosis dan asidosis yang merugikan tubuh. Karbohidrat juga mencegah pemecahan protein yang berlebihan. Beberapa karbohidrat juga memiliki fungsi khusus dalam tubuh. Laktosa membantu penyerapan kalsium, ribosa merupakan komponen penting dalam asam nukleat. Karbohidrat yang tidak dapat dicerna namun menghasilkan serat yang sangat besar juga sangat penting karena membantu memperlancar proses pencernaan.

3.    Mencegah terjadinya gangguan kesehatan karena kekurangan karbohidrat
Kekurangan karbohidrat dalam tubuh dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh. Anda disarankan untuk mencukupi konsumsi karbohidrat namun tidak dalam jumlah yang berlebihan. Manfaat karbohidrat bagi tubuh adalah mencegah terjadinya penyakit karena defisiensi karbohidrat, seperti marasmus atau gangguan gizi. Kelebihan karbohidrat, disisi lain, dapat menyebabkan kegemukan dan penyakit lain.

Anda harus berhati hati dalam menjaga asupan nutrisi dalam tubuh anda. Semua nutrisi penting dan harus dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dan tidak berlebihan maupun kekurangan. Angka Kebutuhan Gizi atau AKG harian untuk karbohidrat adalah sebesar 300 gram per hari dengan kebutuhan serat sebanyak 25 gram. Dengan menjaga asupan karbohidrat yang sesuai, anda bisa mendapatkan manfaat karbohidrat yang baik bagi kesehatan.  

0 komentar:

Poskan Komentar