Sabtu, 04 Mei 2013

9 Makanan Yang Mengandung Kalsium dan manfaat Kalsium

makanan yang mengadulng kalsium
Kalsium adalah jenis nutrisi yang sangat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalsium terutama sangat berperan penting pada masa pertumbuhan. Mengkonsumsi kalsium yang cukup setiap hari sangat dianjurkan bagi remaja yang sedang dalam usia pertumbuhan untuk memaksimalkan proses pembentukan badan. Banyak sekali jenis makanan yang mengandung kalsium yang bisa ditemukan dengan mudah dipasar atau supermarket. Apabila anda ingin memberikan nutrisi terbaik bagi anak anda, maka pilihan makanan dibawah ini dapat anda jadikan pedoman dalam memberikan asupan kalsium yang cukup bagi anak anda. Berikut adalah manfaat kalsium dan makanan yang mengandung kalsium yang
cocok bagi anak dan remaja.
Manfaat kalsium

Kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat didalam tubuh manusia. Kira-kira 99% kalsium terdapat di dalam jaringan keras yaitu pada tulang dan gigi. 1% kalsium terdapat pada darah, dan jaringan lunak. Tanpa kalsium yang 1% ini, otot akan mengalami gangguan kontraksi, darah akan sulit membeku, transmisi saraf terganggu, dan sebagainya.


1. Pembentukan dan pemeliharaan tulang dan gigi.

Anak-anak memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi mereka. Kekurangan kalsium dapat mengakibatkan pertumbuhan tulang anak tidak sempurna dan menderita penyakit rickets. Orang dewasa membutuhkan kalsium untuk terus-menerus meremajakan sistem tulang dan giginya. Mineral di tulang dan gigi kita tergantikan 100% setiap tujuh tahun sekali.

2. Mencegah osteoporosis.

Bila tidak mendapat cukup kalsium dari makanan, tubuh akan mengambilnya dari “bank kalsium” pada tangan, kaki dan tulang panjang lainnya. Kekurangan konsumsi kalsium dalam waktu lama akan mengakibatkan tubuh mengambilnya langsung dari tulang-tulang padat. Hal ini mengakibatkan tulang keropos dan mudah patah (osteoporosis). Bila seorang wanita dari umur 20 tahun setiap harinya mengkonsumsi kalsium 400 mg lebih rendah daripada yang dibutuhkan, pada umur 55 tahun tulangnya keropos 1/3 bagiannya.

3. Penyimpanan glikogen.

Kalsium berperan dalam proses penyimpanan glikogen. Bila tidak ada kalsium, tubuh akan merasa lapar terus-menerus karena tidak dapat menyimpan glikogen.

4. Melancarkan fungsi otot, otak dan sistem syaraf.

Otot, otak dan sistem syaraf membutuhkan kalsium agar dapat berfungsi optimal. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan spasme (kejang) otot dan gangguan fungsi otak dan sistem syaraf.

Makanan yang mengandung kalsium


1.    Susu Kedelai
Susu kedelai adalah substitusi produk susu hewani yang dapat didapat dengan mudah. Walaupun bukan susu hewani, susu kedelai juga dapat memberikan asupan kalsium yang cukup. Ada banyak jenis susu yang bisa menjadi makanan yang mengandung kalsium yang baik bagi tubuh. Segelas susu kedelai setara dengan 30 mg kalsium yang dapat membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi.

2.    Brokoli
Mengkonsumsi kalsium dengan asupan yang sesuai mulai dari usia dini berefek baik bagi kesehatan. Kalsium yang mencukupi dapat menjauhkan resiko osteoporosis dan gangguan tulang lainnya. Brokoli adalah salah satu jenis makanan yang mengandung kalsium yang mengandung 180 mg kalsium dalam satu takaran saji. Anda dapat menyajikan brokoli dalam bentuk kukusan atau juga tumis.

3.    Oatmeal
Oatmeal bagus bagi kesehatan karena mengandung lemak tidak jenuh dan juga kaya akan serat. Hal baik lain yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi oatmeal secara rutin adalah mendapatkan asupan kalsium sebanyak 105 per sajian sereal oatmeal.

4.    Kacang kedelai.
Kacang kedelai merupakan salah satu sumber kalsium dari bahan nabati yang paling besar. Bila segelas susu kedelai dapat menghasilkan sekitar 80 mg kalsium, satu sajian kacang kedelai dapat memberikan asupan kalsium sebanyak 261 mg. Untuk mendapatkan manfaat yang tinggi dari kacang kedelai, proses pengolahan harus dilakukan tanpa memberikan campuran garam.

5.    Kacang almond.
Kacang almond juga merupakan jenis makanan yang mengandung kalsium. Satu ons kacang almond yang dikonsumsi setiap harinya dapat memberikan asupan kalsium sebanyak 80 mg. Selain mengandung kalsium, kacang almond juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol.

6.    Ikan salmon.
Dalam 3 ons ikan salmon yang dikonsumsi baik secara kukus maupun bakar, anda bisa mendapatkan asupan kalsium sebanyak 181 mg. Ikan salmon juga mengandung folat yang sangat baik bagi perkembangan otak.

7.    Jeruk
Selain mengandung vitamin C, jeruk juga mempunyai kandungan kalsium sebanyak 80 mg per buah nya.

8.    Lobak.
Secangkir lobak halus mengandung kurang lebih 200 mg kalsium.

9.    Yoghurt
Jenis makanan yang mengandung kalsium terakhir yang bisa anda konsumsi dengan rutin untuk mendapatkan asupan kalsium yang mencukupi adalah yoghurt. 8 ons yoghurt setara dengan 415 mg kalsium. Yoghurt dapat dengan mudah diserap oleh tubuh untuk memberikan asupan kalsium yang lebih banyak dibandingkan susu yang juga memiliki jumlah kalsium yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar