Senin, 06 Mei 2013

Makanan Rendah Kolesterol Untuk Jantung Lebih Sehat

makanan rendah kolesterol
Penyakit jantung merupakan salah satu alternatif penyakit ‘pembunuh’ paling populer di dunia. Penyakit tersebut banyak dipicu oleh tidak terjaganya pola makanan yang baik. Pasalnya, variasi makanan yang dipilih oleh orang – orang sekarang ini tidak didasarkan pada nilai gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam makanan – makanan tersebut. Mereka cenderung memilih mengkonsumsi makanan yang mereka sukai untuk memanjakan lidah mereka daripada makanan yang memberikan nutrisi terbaik bagi tubuh mereka. Dalam kasus merendahkan resiko penyakit jantung, hal tersebut juga umum terjadi karena beberapa hal. Salah satu di antaranya adalah minimnya pengetahuan yang dimiliki tentang pentingnya mengkonsumsi makanan rendah kolesterol.

Berikut ini merupakan daftar panjang alternatif makanan rendah kolesterol dan lemak yang dapat dipilih menuju jantung yang lebih sehat.
  1. Yang pertama adalah anjuran untuk menambah konsumsi buah – buahan dan sayur – sayuran, terutama alpukat, bayam, kacang panjang, dan buncis. Karena kolesterol banyak terkandung dalam sumber protein hewani, buah dan sayur merupakan pilihan yang paling mudah dan baik sebagai asupan makanan dengan kadar lemak yang rendah.

    contoh kategori ini adalah Tomat. Jika Anda sering minum dua gelas jus tomat setiap hari, kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda akan berkurang secara signifikan.
  2. Biji – bijian atau makanan olahan yang berbahan dasar biji – bijian seperti sereal dan roti gandum juga dikenal sebagai salah satu makanan rendah kolesterol yang dapat diandalkan. Akan tetapi anda harus berhati – hati terhadap roti olahan berbahan dasar biji – bijian, karena tidak semua dari mereka memiliki kandungan susu dan gula yang rendah.
  3. Ikan dan unggas juga termasuk dalam daftar makanan dengan kadar kolesterol yang rendah. Akan tetapi, karena kedua alternatif tersebut termasuk dalam sumber protein hewani, jumlah  atau porsinya harus dibatasi. Ikan salmon dikatakan sebagai konsumsi ikan terbaik untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

    Daging merah adalah penyebab utama meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh kita, sebisa mungkin kita harus menghindarinya. Coba konsumsi daging tanpa lemak seperti kalkun, ayam dan ikan ke dalam daftar makanan rendah kolesterol.
  4. Telur merupakan solusi lauk – pauk paling mudah dan terbukti dapat diterima bagi sebagian besar lidah. Meskipun demikian, mengganti seluruh bagian konsumsi telur dengan hanya memakai putih telurnya saja merupakan satu tindakan bagus dalam mengurangi resiko penyakit jantung karena kuning telur memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.
  5. Susu dan berbagai jenik produk olahannya seperti keju dan yogurt juga perlu diwaspadai. Memang benar bahwa susu merupakan satu dari lima asupan gizi yang seharusnya dimasukkan dalam pola makan 4 sehat 5 sempurna. Hanya saja, pastikan anda memilih susu dan produknya yang mengandung kadar lemak rendah.
  6. Langkah jitu lain dalam mengurangi resiko penyakit jantung adalah dengan mengurangi konsumsi makanan ringan dan permen yang tidak sehat. Menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi makanan ringan nampaknya terlampau sulit untuk dilakukan. Mulailah pola makan yang lebih sehat dengan mengurangi konsumsi makanan ringan dengan kadar kolesterol tinggi seperti berbagai makanan penutup dengan whipped cream, kue kering, yogurt dan puding dengan kadar lemak tinggi dan menggantinya dengan yang lebih sehat seperti buah kering, kerupuk, sereal, bagel, non-fat yogurt, dan cookies rendah lemak.
Demikian informasi makanan rendah kolesterol yang dapat kami sampaikan. Pilihlah makanan rendah kolesterol yang paling mudah dan terjangkau oleh anda serte kurangi konsumsi makanan-makanan yang berkolesterol tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar