Rabu, 15 Mei 2013

Manfaat Ikan Lele bagi kesehatan tubuh

manfaat ikan lele
Jangan anggap enteng ikan lele. Makanan yang mudah sekali ditemui dan berharga tak lebih dari 15 ribu satu porsinya ternyata mengandung nutrisi vitamin yang sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh. Ikan yang hidu di air tawar ini menurut penelitian yang telah banyak dilakukan ternyata mengandung sederet vitamin, protein dan nutrisi lain yang bisa kita dapat dari makanan mahal. Ingin tahu apa kandungan dalam ikan lele dan apa saja manfaat ikan lele bagi kesehatan tubuh? Temukan informasinya di paragraph bawah ini.

Ikan merupakan sumber makanan penting dengan kandungan protein dan zat gizi lainnya yang tinggi. Seperti yang banyak diketahui, protein yang terdapat pada ikan dapat mengungguli kadar protein yang terdapat pada daging. Kandungan lisin dan leusin yang sangat penting bagi pertumbuhan anak – anak serta bagi orang dewasa dalam menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh nyatanya paling banyak didapatkan dari konsumsi ikan, baik ikan tawar, payau maupun laut.

Pada ikan lele, kandungan zat gizi di dalam daging pada ikan ini dapat memberikan manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan, antara lain adalah:

1.  Menyehatkan otak dan jantung

Sama seperti ikan mahal lainnya seperti tuna, salmon dan sebagainya, ikan lele juga mengandung zat omega-3 dan omega-6 yang sangat baik bagi optimalisasi fungsi kerja otak serta mencega sederet penyakit jantung. Manfaat ikan lele disini sama pentingnya dengan mengkonsumsi sumber gizi lainnya. Rutin mengkonsumsi ikan lele, seseorang kemungkinan besar akan terhindar dari resiko penyakit kolesterol, diabetes serta jantung koroner.

2. Kaya akan fosfor

Mineral fosfor merupakan mineral di urutan kedua daftar mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Mineral fosfor berperan aktif pada pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan mineral fosfor sangat berbahaya bagi tubuh. Pasalnya, seseorang dapat menderita tulang keropos yang dapat berujung pada kelumpuhan jika kekurangan konsumsi zat ini.

Ikan lele yang kadar fosfornya jauh lebih tinggi daripada telur merupakan solusi mudah dan enak menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi rutin ikan lele dapat memberikan efek kuat serta sehat pada tubuh.

3. Selain yang telah disebutkan di atas, ikan lele mempunyai sederet manfaat lainnya. Kandungan asam amino pada ikan lele sangat dibutuhkan tubuh pada proses penyerapan kalsium. Kekurangan asam amino, tubuh akan kesulitan menyerap kalsium dan akan berujung pada kurang maksimalnya proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain itu, kandungan omega-3 pada ikan lele sangat dikenal baik dapat mempercepat penyembuhan luka pasca operasi.

Ikan lele merupakan ikan yang mudah ditemui dimana saja. Karena hal itu, masyarakat di berbagai daerah di Indonesia telah banyak mengkreasikan ikan ini untuk disantap dalam jenis masakan yang beragam. Disantap dengan digoreng, dikukus ataupun direbus, manfaat ikan lele akan tetap terjaga.

0 komentar:

Poskan Komentar