Sabtu, 04 Mei 2013

Manfaat Teh Jati Cina Bagi Penderita Obesitas

manfaat teh daun jati cina
Jati Cina diketahui memiliki banyak kegunaan, baik sebagai tanaman hias maupun sebagai bahan obat obatan herbal. Daun jati Cina dijadikan teh untuk membantu mereka yang mengalami obesitas. Selain itu banyak lagi manfaat teh jati cina yang dapat memberikan efek positif bagi tubuh. Jati Cina banyak ditemukan di negara tropis seperti Asia Tenggara. Karena bentuknya yang menarik, banyak orang menggunakan jati cina sebagai tanaman hias. Buah, biji, dan daunnya dapat digunakan untuk banyak bahan pengobatan herbal. Bijinya dapat digunakan sebagai bahan pencahar yang alami. Karena mengandung senyawa yang bisa membantu pergerakan peristaltik usus, biji daun cina dapat digunakan untuk obat pencahar.

Biji jati cina juga sangat baik karena mengandung banyak vitamin. Biji jati cina diketahui mengandung vitamin A, B, C, dan D. Selain manfaat tersebut, daunnya juga memiliki banyak kegunaan yang dapat membantu mereka yang mengalami berat badan berlebih. Berikut ini adalah penjelasan manfaat teh daun jati cina yang bisa didapat bagi mereka yang menderita obesitas;

1.    Mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam darah.
Penderita obesitas pada umumnya juga mengalami gangguan kolesterol tinggi. Untuk dapat mengurangi efek buruk obesitas, teh daun jati cina dapat membantu penderita obesitas dalam menurunkan kadar kolesterol. Dengan mengurangi asupan karbohidrat setiap harinya disamping mengkonsumsi teh daun jati cina secara rutin, anda bisa mendapatkan manfaat yang baik untuk kadar kolesterol anda.

2.    Membersihkan sisa kotoran dalam usus.
Sebagaian besar masalah kesehatan berawal dari usus yang kotor dan tidak sehat. Hal ini dikarenakan usus adalah bagian pada tubuh yang memproses segala jenis makanan yang masuk dalam tubuh kita. Untuk dapat mendapatkan manfaat teh daun jati cina yang baik bagi usus anda, anda bisa mengkonsumsi teh daun jati cina secara rutin. Kotoran dalam usus akan tersekresi dengan mudah dan anda bisa mendapatkan usus yang bersih dan sehat.

3.    Meningkatkan metabolisme
Teh daun jati cina sangat baik untuk membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Zat dalam daun jati cina yang disebut glikosida mengakibatkan pergerakan peristaltik dalam usus meningkat. Disini daun jati cina dapat membantu meningkatkan proses sekresi secara natural. Apabila anda ingin mengurangi berat badan anda, anda bisa mengkonsumsi teh daun jati cina secara rutin untuk meningkatkan metabolisme tubuh anda.

Selain memiliki banyak kegunaan yang baik bagi tubuh, mengkonsumsi daun jati cina dapat juga menimbulkan efek samping yang wajib anda ketahui. Banyak manfaat teh daun jati cina yang juga menimbulkan efek samping bagi orang tertentu, seperti mereka  yang memiliki masalah pada jantung, tekanan darah yang tinggi, dan juga masalah ginjal. Penggunaan daun jati cina dalam jangka panjang juga menyebabkan dinding usus besar menjadi kecoklatan. Apabila dibiarkan dalam waktu yang lama, usus akan mengalami penurunan fungsi dan pada akhirnya akan menyebabkan radang.


0 komentar:

Posting Komentar