Sabtu, 04 Mei 2013

Tips dan Cara Menyembuhkan Insomnia Tanpa Obat

cara menyembuhkan insomnia
Insomnia terjadi karena berbagai aspek kejiwaan dan juga kesehatan fisik. Banyak diantara mereka yang dalam kesehariannya berhadapan dengan tekanan menggalami gangguan tidur. Pada titik tertentu, gangguan tidur atau insomnia sangat berbahaya bagi kesehatan karena hal ini berkenaan dengan sistem tubuh yang penting. Maka dari itu insomnia yang berkepanjangan harus segera diatasi dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah cara menyembuhkan insomnia tanpa menggunakan pengobatan dan terapi yang memakan waktu. Anda bisa lakukan beberapa tips ini sendiri tanpa harus menggunakan bantuan obat obatan atau alat terapi tidur yang lain.

1.    Mengatur keseimbangan emosional saat menjelang tidur.
Banyak orang yang sangat terpengaruh oleh jam biologis mereka. Ini berarti orang akan dengan mudah terdorong untuk tidur pada jam jam tertentu sesuai dengan jadwal biologis nya. Ilmuan menyebutnya dengan nama inner clock. Anda harus memastikan bahwa anda hafal dengan jadwal biologis anda. Kemudian, supaya kantuk anda dapat datang dengan mudah, pastikan anda mengkondisikan emosi anda sebelum tidur. Usahakan badan anda rileks dan tanpa ada beban pikiran apapun. Hal ini akan membantu anda untuk beristirahat dengan cepat.

2.    Mengurangi konsumsi makanan yang tidak baik bagi tubuh
Ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan emosi anda berubah. Bagi mereka yang mengalami gangguan tidur, pola makan yang tidak sesuai dapat dengan mudah meningkatkan faktor insomnia. Salah satu jenis makanan yang harus dihindari bagi mereka yang menderita insomnia adalah minuman yang bersifat stimulan, seperti kopi, alkohol, teh dan juga rokok.

3.    Mengontrol suasana dalam ruang tidur
Walaupun terkesan sepele, suasana tempat dimana anda tidur juga dapat membantu anda untuk cepat terlelap. Apabila anda menderita insomnia, mengatur ruang tidur supaya terasa senyaman mungkin akan sangat membantu. Yang bisa anda lakukan adalah mengurangi intensitas cahaya pada ruang tidur anda. Biasakan diri anda untuk bekerja di ruangan yang berbeda dan bukan di ruang tidur anda. Gunakan lampu temaram atau matikan lampu di ruang tidur anda ketika anda beristirahat. Anda juga harus menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat tidur anda supaya istirahat anda lebih nyaman dan leluasa. Hal ini akan sangat membantu anda dalam menghilangkan insomnia.

4.    Mendengarkan musik yang tenang
Cara menyembuhkan insomnia yang berikutnya adalah dengan mendengarkan musik yang pelan dan tenang. Hal ini terbukti dapat menstimulasi otak untuk menjadi tenang dan akhirnya jatuh tidur. Banyak sekali musik instrumental yang diciptakan untuk membantu mereka yang ingin lepas dari insomnia. Tentu saja anda harus menggunakan cara ini dengan dibantu dengan suasana ruang istirahat yang mendukung.

5.    Mengkonsumsi makanan yang tepat
Ada beberapa jenis makanan yang sangat membantu dalam mendatangkan rasa kantuk secara cepat. Apabila anda mencari cara menyembuhkan insomnia yang aman dan sehat, anda bisa mengkonsumsi susu hangat sebelum tidur supaya kantuk anda cepat datang. Selain itu mengkonsumsi karbohidrat lebih tinggi juga sangat membantu dalam memulihkan gangguan susah tidur. 


Apabila anda telah melakukan cara menyembuhkan insomnia di atas dalam beberapa waktu dan anda masih mengalami gangguan tidur, sebaiknya anda menemui dokter untuk mendapatkan bimbingan.

0 komentar:

Posting Komentar