Sabtu, 04 Mei 2013

Kandungan Buah Sirsak dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

kandungan buah sirsak dan khasiatnya
Buah sirsak adalah buah tropis yang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Buah sirkas rasanya sangat khas dan dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan. Banyak orang yang menggemari buah sirsak karena rasanya. Namun, anda juga harus tahu bahwa ada banyak kandungan buah sirsak dan khasiatnya. Banyak sekali penelitian yang mengungkap efek positif dalam mengkonsumsi buah yang dalam bahasa latin disebut Annona Muricata L ini. Buah sirsak diantaranya baik dikonsumsi untuk mereka yang menderita penyakit darah, jantung, dan juga liver. Buah sirsak juga baik untuk mengobati ambeien, infeksi saluran kemih, dan diare. Berikut ini adalah kandungan dan beberapa contoh manfaat buat sirsak untuk kesehatan tubuh:


Kandungan Buah Sirsak

Komposisi buah sirsak yaitu 67,5 % daging buah yg dapat dimakan, 20 % kulit buah, 8.5% biji, dan 4% hati atau empelur. Selain mengandung vitamin A, B, dan C, buah sirsak juga mengandung sukrosa 2.54%, dekstrosa 5.05 % dan levulosa 0.04%

kandungan gizi dalam setiap 100 gram buah sirsak :

Komposisi
Jumlah
Kalori (cal)
65
Karbohidrat (g)
16.3
Protein (g)
1.0
Lemak (g)
0.3
Kalsium (mg)
14.0
Besi (mg)
0.6
Fosfor (mg)
27.0
Vitamin A (SI)
10.0
Vitamin B1 (mg)
0.07
Vitamin C (mg / 100 g bahan)
20
Sumber : Depkes RI 1996

Manfaat Buah Sirsak

1.    Mengobati penyakit kanker.
Daun buah sirsak sudah dibuktikan dapat membantu dalam proses penyembuhan penyakit kanker. Menurut Purdue University Amerika Serikat, daun buah sirsak dapat dikonsumsi untuk membantu proses penyembuhan beberapa jenis penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker paru paru. Daun buah sirsak dipercaya dapat membantu tubuh menurunkan jumlah sel kanker. Cara menggunakan daun buah sirsak untuk menyembuhkan kanker adalah dengan cara merebuh sepuluh lembar daun sirsak dengan tiga gelas air.

2.    Mengobati Asam Urat.
Buah sirsak dapat juga membantu mengobati asam urat. Cara mengolah daun buah sirsak untuk mengobati asam urat adalah dengan cara mencampur sepuluh lembar daun buah sirsak dengan enam gelas air kemudian direbus. Air rebusan diminum secara rutin sebanyak dua kali sehari pagi dan malam.

3.    Mengobati Sakit Pinggang.
Daun sirsak dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit pinggang. Caranya adalah dengan dengan cara merebuh dua puluh lembar daun sirsak dengan lima gelas air. Campuran tersebut direbus hingga tersisa tiga gelas. Minum air rebusan sebanyak sekali dalam sehari sebanyak ¾ gelas.

4.    Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan infeksi.
Manfaat lain daun sirsak adalah untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Daun sirsak menurut penelitian mengandung zat yang baik dalam proses peningkatan daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak bagi kekebalan tubuh, rebus 4 lembar daun sirsak dengan 4 gelas air. Air rebusan tersebut dikonsumsi sebanyak satu gelas setiap hari.

5.    Membantu Mengobati reumatik.
Khasiat lain yang dapat anda dapatkan dari mengkonsumsi buah sirsak adalah mengobati reumatik. Apabila anda menginginkan pengobatan alami untuk penyakit reumatik anda, anda bisa menggunakan buah sirsat untuk mendapatkan manfaat alaminya. Buah sirsat sangat baik bagi mereka yang ingin meningkatkan kesehatan jantung, pembuluh darah, pencernaan, otot, dan juga darah.

Selain kandungan buah sirsak dan khasiatnya diatas, buah sirsak dapat dikonsumsi untuk mengobati sakit pencernaan bagi anak kecil. Mengkonsumsi buah sirsak setiap hari baik bagi mereka yang ingin mendapatkan manfaat dari serat dan vitamin C. Cita rasanya yang manis dan asam sangat segar untuk dikonsumsi pada siang hari. Hal ini dapat menghilangkan dahaga dan menyegarkan tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar