Sabtu, 04 Mei 2013

10 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Anak

makanan yang baik untuk anak
Supaya dapat menunjang perkembangan fisik dan mental anak, asupan nutrisi dan vitamin yang cukup adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh orang tua. Namun kebanyakan orang tua kebingungan dalam memilih bahan makanan yang sesuai untuk anak sehingga mereka cenderung mencari pilihan bahan makanan yang terbatas. Sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan yang baik untuk anak. Anda bisa mencoba 10 jenis makanan dibawah ini untuk disajikan bagi buah hati anda. Pastikan untuk meracik menu makanan yang bervariasi sehingga anak anda senang dengan konsumsi makanan bergizi yang anda pilih bagi mereka.

1.    Labu.
Labu adalah sumber makanan yang baik karena mengandung vitamin A dan C. Labu juga dapat dengan mudah diolah dan banyak ditemukan di pasar maupun disupermarket. Anda bisa berimprovisasi dengan berbagai menu dengan bahan utama labu. Tekstur labu adalah lembut dan manis dengan sedikit cita rasa krim. Ada banyak sekali menu sehat yang bisa anda kreasikan dengan labu.

2.    Kacang Lentil
Kacang lentil adalah bahan makanan yang sangat mudah didapat dan juga murah harganya. Kacang lentil baik bagi kesehatan karena mengandung protein dan serat. Kacang kacangan adalah sumber protein yang baik bagi tubuh. Makanan ini dapat dikreasikan dengan sayuran lain atau dicampur dalam sajian makanan lauk pauk.

3.    Sayuran Hijau
Sayuran hijau sangat penting bagi kesehatan karena mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh. Sayuran hijau tidak hanya bagus dikonsumsi oleh anak, namun juga oleh dewasa. Sayuran yang berdaun hijau memiliki nilai nutrisi tinggi karena mengandung zat besi dan folat yang tinggi, yang mana baik bagi perkembangan anak. Contoh sayuran hijau yang bisa didapat dengan mudah adalah bayam, kale, lobak, dan collard hijau.

4.    Brokoli
Brokoli adalah makanan yang baik untuk anak yang kaya akan serat, folat, dan juga kalsium. Brokoli sangat baik untuk dikonsumsi anak, terutama bagi mereka yang sulit makan. Brokoli mengandung sejenis zat belerang yang dapat menaikkan selera makan anak. Brokoli juga baik untuk dikonsumsi oleh semua umur karena dapat mencegah kanker. Brokoli dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dikukus dan ditumis.

5.    Blueberry
Blueberry sangat bagus bagi anak karena zat yang terkandung didalamnya, flavanoid yang mengandung anthocyanin, sangat baik bagi mata, otak, dan saluran kemih anak. Blueberry dapat dikonsumsi dengan yoghurt untuk menambah cita rasa.

6.    Avokado (Alpukat)
Avokado mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. Lemak jenis ini sangat baik bagi tubuh karena dapat membantu perkembangan otak. Avocado juga merupakan sumber vitamin E yang baik.

7.    Daging.
Daging adalah bahan makanan yang baik bagi anak karena daging mengandung seng dan zat besi. Mengkonsumsi daging secara rutin baik bagi anak karena dapat membantu pertumbuhan tubuh.

8.    Plum
Buah plum mengandung banyak serat yang sangat baik bagi pencernaan anak. Plum dapat mengobati sembelit dengan natural karena kadar seratnya yang tinggi.

kacang garbanzo
9.    Kacang Garbanzo
Kacang ini hampir mirip dengan kacang lentil, namun dia berasal dari timur tengah. Kacang ini mengandung banyak protein dan serat. Kacang garbanzo dapat dengan mudah ditemukan dan sangat terjangkau harganya.

10.    Jeruk mandarin
Jeruk banyak mengandung vitamin C yang sangat baik bagi kesehatan karena dapat membantu meningkatkan imunitas. Jeruk mandarin juga kaya akan anti oksidan yang sagat baik bagi perkembangan anak. Konsumsi jeruk mandarin secara rutin dapat membantu meningkatkan imunitas anak sehingga membuatnya menjadi makanan yang baik untuk anak.

0 komentar:

Posting Komentar