Selasa, 14 Mei 2013

Madu dan Khasiatnya Tak Kenal Waktu

madu dan khasiatnya
Berbicara tentang madu sama halnya dengan berbicara dengan berbagai khasiat yang terbukti jitu dan tak lekang oleh waktu. Sejak dahulu kala, madu memang merupakan satu kebutuhan wajib bagi seseorang yang memiliki masalah kesehatan dan kecantikan. Mungkin di antara anda telah banyak tahu tentang seluk beluk madu dan beberapa khasiatnya, akan tetapi mungkin tidak banyak yang tahu madu dan khasiatnya akan menghabiskan berhelai-helai kertas untuk dituliskan. Berikut adalah daftar manfaat yang dimiliki madu sehingga anda benar-benar menyadari betapa berkhasiatnya madu bagi kita, manusia. Terlebih lagi bila daftar berikut tak hanya akan melengkapi ilmu pengetahuan anda tetapi juga memberikan manfaat secara langsung pada diri anda atau orang-orang terdekat.

1. Membantu kerja usus dan ginjal

Yang pertama adalah madu memiliki manfaat besar dalam membantu usus dan ginjal untuk bekerja dan berfungsi dengan baik. Penjelasan logisnya adalah madu dapat dengan mudah dicerna oleh perut yang paling sensitif sekalipun karena molekul gula dalam madu dapat diubah menjadi bentuk gula lain seperti glukosa dan fruktosa.
Karena madu merupakan komposisi alami kedua bahan tersebut, ia juga akan membantu otak berfungsi dengan baik karena otak termasuk organ pengonsumsi gula terbesar.

2. Meningkatkan Stamina

Madu dengan perpaduan komposisi gulanya yang unik terbukti efektif untuk menghilangkan rasa lelah dan ikut meningkatkan kinerja atletik seseorang. Maka dapat dipahami secara logis bila atlet dianjurkan mengonsumsi gula atau madu sebagai sumber energi tambahan sebelum melakukan aktifitas atletiknya. Yang perlu dicatat pula adalah madu merupakan bahan alami pengganti gula yang sehat.

3. Mengobati luka

Madu diungkapkan memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi. Ia berperan aktif dalam membantu membersihkan infeksi dan sel-sel kulit mati pada luka tanpa atau minim rasa sakit. Tidak hanya berhenti disitu, madu juga bermanfaat untuk pertumbuhan jaringan baru pada wilayah luka.

4. Melindungi sistem pencernaan

Berbicara tentang madu dan khasiatnya, berbagai asam organik yang terkandung di dalamnya berperan penting dalam memperbaiki susunan darah dan menambah nafsu makan serta merupakan stimulan yang baik bagi sistem pencernaan karena ia memiliki sifat anti-bakteri. Ia tidak hanya membantu melengkapi gizi anak tetapi merupakan penyembuh yang hebat bagi yang bermasalah dengan asam lambung.

5. Diet Sehat

Penawaran berikut tentu sangat menarik bagi anda yang sedang mencari-cari alternatif diet yang mudah dan sehat. Perpaduan antara madu, lemon, dan air hangat menjadi menu terbaik untuk memulai hari anda. Pasalnya, madu disebut sebagai pengikis lemak tetapi tidak menguras habis energi yang ada dalam tubuh. Dengan bantuan madu, diet bukan lagi tentang siksaan.

6. Mencegah Tumor

Mungkin tak menyangka bila madu yang ada di sekitar kita memiliki satu komposisi ampuh yaitu karsinogen yang membantu dalam pencegahan tumor dan kanker. Madu dan khasiatnya memang akan banyak memberikan lebih banyak kejutan di masa yang akan datang.

0 komentar:

Posting Komentar