Senin, 20 Mei 2013

Khasiat Bunga Kembang Sepatu bagi kesehatan

khasiat bunga kembang sepatu
Jika ditanya tentang Hibiscus rosa-sinensis mungkin tidak semua orang bisa menjawab, namu lain halnya jika disodori dengan nama populernya yaitu kembang sepatu, pasti semua orang tahu apa itu dan bagaimana bentuk dari kembang sepatu. Kembang yang tumbuh dengan kelopan merah, oranye dan putih dengan diameter 10 cm ini belum diketahui benar negara spesifik asalnya. Namun tidak seperti negara asalnya yang masih belum diketahui, khasiat bunga kembang sepatu bagi kesehatan sudah santer didengar masyarakat dalam dan luar negeri.

Apa saja khasiat dari bunga cantik tanpa aroma ini? Dan bagaimana cara memanfaatkan bunga ini sebagai obat? Simak ulasan pada beberapa paragraph di bawah ini.

Khasiat bunga kembang sepatu mulai diketahui dari zat yang terkandung di dalam bunga ini. Zat – zat tersebut antara lain adalah senyawa golongan sterol contohnya stigmasterol, kampesterol, dan beta sitosterol, serta beberapa jenis asam lainnya seperti asam sitrat, asam oksalat, flavonoid dan glikosida flavonoid. Manfaat dari bunga kembang sepatu telah tersebar hingga manca negara menyebabkan negara – negara seperti India dan Malaysia mulai mengembang biakkan tanaman ini. Berikut ini adalah ramuan menggunakan bunga kembang sepatu serta manfaat yang dibawanya:

- Kesehatan sistem reproduksi

Mungkin sedikit orang yang tahu bahwa setiap bagian dari bunga kembang sepatu dapat digunakan sebagai obat bagi kesehatan sistem reproduksi. Caranya adalah dengan merebus semua bagian bunga yaitu daun, akar, serta bunganya hingga mendidih. Air hasil rebusan tersebut dapat digunakan untuk memperlancar siklus haid seorang wanita dan mecegah berbagai gangguan reproduksi lainnya.
- Proses penyembuhan luka

Penelitian yang telah dilakukan telah membuktikan bahwa tumbukan bunga kembang sepatu secara efektif mampu menyembuhkan luka. Hal itu terjadi karena setiap bagian daun kembang sepatu mengandung antiseptic.

- Mengatasi gangguan pernafasan

Jika berbicara tentang flu dan obat tradisional untuk menyembuhkannya, mungkin sebagian orang telah akrab dengan beberapa daftar obat tradisionalnya antara lain jeruk nipis, kunyit dan lainnya. Namun mungkin masih sedikit orang mengetahui bahwa rebusan air kembang sepatu dapat mengatasi gangguan pernafasan seperti bronchitis, flu dan batu, asma dan lainnya.

- Obat sariawan

Seperti yang telah dikatakan di atas, bunga kembang sepatu dapat menyembuhkan luka karena kandungan antiseptiknya, begitu pula pada sariawan. Caranya cukup merebus beberapa potongan bunga kembang sepatu dan merebusnya lalu meminum air hasil
rebusan itu.

Itulah tadi beberapa daftar penyakit serta langkah – langkah dalam memanfaatkan khasiat bunga kembang sepatu sebagai obat bagi beberapa masalah kesehatan. Perlu diingat bahwa perawatan dengan bunga kembang sepatu bisa bersifat subyektif. Selain perawatan alami yang harus dilakukan, kesehatan serta olahraga setiap hari merupakan suatu keharusan.

0 komentar:

Posting Komentar