Selasa, 14 Mei 2013

Khasiat bunga mawar bagi kecantikan wanita

khasiat bunga mawar
Bunga yang identik dengan kecantikan dan duri pada batangnya ini selalu diunggul – unggulkan sebagai simbol romansa kehidupan. Kecantikan serta keharumannya bunga ini membuatnya banyak dikagumi para insan wanita. Bunga ini sering dijadikan hadiah bagi orang-orang special pada momen special. Ya inilah bunga mawar, bunga cantik yang mempesona ini pada kenyataanya tak hanya memiliki kelopak dan warna yang cantik, namun juga sejuta khasiat bagi kecantikan para kaum hawa.

Karena kecantikan serta aromanya, bunga mawar sudah sejak lama digunakan sebagai bahan perawatan bagi kecantikan wanita. Ingin tahu apa saja khasiat bunga mawar bagi kecantikan wanita? Simak informasi di bawah ini.

Alasan dibalik khasiat yang dibawa bunga mawar kepada kecantikan para wanita yang menggunakannya sebagai ramuan perawatan ada pada zat – zat yang terkandung pada bunga ini. Khasiat bunga mawar bagi kecantikan wanita berasal dari kandungan yang terdapat pada bunga mawar yang sangat bermanfaat untuk kecantikan  meliputi kandungan sitral, sitronelol, geraniol,linalo, nero, eugenol, feniletil, alkohol, farnesol, nonilaldehida. Zat – zat tersebut dipercayai dapat memberikan efek yang luar biasa pada kecantikan wanita khususnya kecantikan kulit. Zat – zat yang terkandung dalam bunga mawar yang telah disebutkan di atas berfungsi sebagai penetralisir racun serta dapat memperlancar peredaran darah. Berikut ini perawatan menggunakan bunga mawar yang dapat dilakukan sehari – hari adalah:

-    Mengatasi pembengkakan wajah.

Bunga mawar dengan zat – zat yang terkandung di dalamnya dapat digunakan sebagai bahan treatment untuk mengatasi pembengkakan di wajah akibat jerawat. Efek anti inflamasi yang diberikan oleh mawar melalui air mawarnya dapat meredakan pembengkakan atau efek merah – merah yang ditimbulkan jerawat. Caranya dengan mencelupkan kapas di dalam larutan air mawar dan menempelkan pada bagian wajah yang mengalami pembengkakan.

-    Mengatasi kadar minyak di wajah.

Kandungan mawar juga berkhasiat dalam mengurangi kadar minyak pada kulit wajah. Caranya dengan menggunakan air mawar sebagai toner atau penyegar setelah membersihkan wajah dengan susu pembersih. Jika perawatan ini rutin dilakukan, kadar minyak pada wajah dapat berkurang.

-    Memberi efek tenang.

Karena aroma wangi yang ditimbulkan bunga mawar, bunga ini juga sering dipergunakan sebagai sumber aroma terapi untuk menenangkan pikiran, psikologis serta memberikan kenyamanan bagi orang yang menggunakannya. Mawar juga sering digunakan sebagai bahan campuran lulur juga masker wajah yang dapat memperkecil pori – pori wajah.

-    Perisa makanan.

Selain digunakan sebagai bahan perawatan wajah dan tubuh, mawar juga dapat memberikan manfaat dan khasiatnya dengan dikonsumsi. Kandungan vitamin pada kelopak bunga mawar yang meliputi vitamin A, B3, C, D, dan E membuat mawar digunakan sebagai perisa makanan yang selain memberikan manfaat menyehatkan tubuh juga mempercantik kulit.

Mungkin masih ada lagi khasiat bunga mawar yang lainnya. Tapi beberapanya di atas, sudah cukup mewakili.

0 komentar:

Posting Komentar