Rabu, 15 Mei 2013

Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan Tubuh

manfaat ikan salmon
Sebagai salah satu sumber bahan makanan yang mengandung protein dan gizi yang dibutuhkan tubuh, ikan dikonsumsi luas di Indonesia. Salah satu jenis ikan yang banyak dikenal luas memiliki kandungan protein, gizi, vitamin serta kandungan zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah ikan salmon. Ikan salmon yang siklus hidupnya dimulai di air tawar dan melakukan migrasi ke laut setiap tahunnya ini memiliki kandungan zat gizi yang sangat baik bagi kesehatan.

Manfaat ikan salmon bagi kesehatan tubuh berasal dari kayanya kandungan zat gizi serta protein di dalam daging ikan ini. Zat – zat yang terkandung dalam ikan salmon antara lain adalah omega 3, vitamin A, vitamin D, vitamin B, kalsium, mineral, zat besi serta fosfor dan selenium. Zat – zat itulah yang menyebabkan ikan salmon sangat baik dikonsumsi setiap hari. Apa saja manfaat dari mengkonsumsi ikan salmon? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari konsumsi ikan salmon.
 
1. Meningkatkan fungsi otak

Omega 3, asam amino serta vitamin A yang terkandung pada ikan salmon sangat berpengaruh terhadap perkembangan fungsi otak. Zat – zat tersebut merupakan zat perangsang kerja otak dalam memaksimalkan fungsi memori serta kecerdasan.
 
2. Mencegah penyakit jantung

Kandungan asam lemak omega 3 pada salmon membantu tubuh mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida yang menjadi penyebab utama munculnya penyakit arteri koroner atau yang lebih dikenal sebagai penyakit jantung koroner. Selain itu, omega 3 juga membantu menjaga kelenturan pembuluh darah serta memperkuat otot jantung.

3. Mengurangi resiko diabetes

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa ikan salmon mengandung omega 3 yang dapat menghancurkan kolesterol serta lemak pada pembuluh darah, hal itu juga berdampak pada berkurangnya resiko diabetes.

4. Meningkatkan metabolisme dan nafsu makan

Bagi para ibu, ikan salmon diberikan kepada balita mereka sebagai upaya meningkatkan nafsu makan dan metabolisme balita menjadi lebih baik. Selain itu, konsumsi ikan salmon bagi balita dapat membantu dalam proses perkembangan sel otak mereka lebih baik.

cara mengonsumsi Ikan Salmon


Agar bisa mendapatkan manfaat ikan salmon bagi tubuh secara maksimal, ada beberapa cara memasak yang harus diperhatikan. Teknik dan cara memasak yang benar akan membuat nutrisi serta zat gizi dalam ikan salmon tetap terjaga. Gizi dan nutrisi ikan salmon akan terserap lebih baik jika ikan ini dimasak dalam keadaan fresh atau masih segar. Jika anda berencana tidak langsung mengolah ikan salmon setelah membelinya dalam keadaan segar, beri perlakuan khusus seperti ini:
  • Jika anda membeli fillet ikan salmon di supermarket, buka plastic pembungkus dan pindahkan ke atas wadah yang telah dilapisi kertas tisu dan bungkus kembali dengan plastic pembungkus yang baru.
  • Letakkan potongan bawang putih dan tambahkan sedikit minya zaitun pada potongan itu sebelum menyimpannya ke dalam freezer paling lama 2 hari.
Demikian manfaat ikan salmon, semoga informasi ini bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar