Selasa, 14 Mei 2013

Berbagai Variasi Makanan Untuk Meningkatkan Daya Ingat

makanan untuk meningkatkan daya ingat
Daya ingat seseorang akan berubah seiring bertambahnya usia mereka. Dalam siklus normal, mereka yang mulai lanjut usia, daya ingatnya juga akan semakin rendah. Fenomena tersebut memang dapat diterima sebagai sebuah siklus kehidupan yang alami. Akan tetapi, jika anda menginginkan sebuah solusi untuk menekan kemungkinan turunnya daya ingat anda selalu ada cara. Pasalnya, turunnya daya ingat memberikan efek luar biasa pada kelangsungan rutinitas sehari-hari. Tentunnya daya ingat yang kurang akan menghambat keberlangsungan kegiatan yang biasa kita laksanakan sehari-hari. 


Berikut adalah beberapa variasi makanan untuk meningkatkan daya ingat yang dapat dimasukkan dalam pola makan yang lebih sehat.


1. Minyak Ikan

Minyak ikan seperti tuna, salmon, dan ikan laut jenis lain dikenal kaya akan omega 3 yang amat dibutuhkan oleh otak kita agar berfungsi secara maksimal termasuk dalam menyerap informasi dari luar dan menyimpannya dalam ingatan. Selain itu, kandungan yodium dan docosahexaenoic acid atau yang lebih dikenal sebagai DHA berperan penting dalam memaksimalkan kinerja saraf otak sehingga membantu mengasah daya ingat agar menjadi lebih tajam.

2. Gandum

Gandum dan berbagai makanan olahannya membantu menurunkan resiko penurunan kognitif yang pada akhirnya berakibat Alzheimer dan bahkan membantu meningkatkan daya ingat otak karena mengandung beberapa komposisi penting seperti B12 dan B6.

3. Brokoli

Brokoli nampaknya juga masuk dalam daftar makanan yang dapat membantu mempertajam daya ingat dan meningkatkan kinerja otak karena ia sangat kaya akan vitamin K yang berperan besar dalam fungsi tersebut.

4. Tomat

Kandungan lycopene dan antioksidan pada tomat bermanfaat dalam menjaga dan melindungi berbagai jenis kerusakan daya ingat otak. Oleh karena itu, tomat dikenal baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang telah mengalami penuruan daya ingat akibat faktor usia.

5. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dikenal sebagai bahan makanan yang mengandung lemak. Akan tetapi, kandungan lemak dalam kacang-kacangan merupakan lemak yang baik sehingga justru baik bagi mereka yang sedang dalam proses diet karena ia memberikan efek kenyang yang cukup lama tanpa menumpuk lemak jenuh pada tubuh. Faktanya, ternyata kacang-kacangan juga merupakan salah satu makanan untuk meningkatkan daya ingat. Kandungan vitamin E di dalamnya berfungsi ganda untuk menjaga dari serangan jantung dan memperbaiki kinerja dan mengasah daya ingat otak.

6. Blueberry

Blueberry dan blackcurrent turut disematkan dalam daftar makanan yang berfungsi memicu peningkatan daya ingat. Ekstrak blueberry dikenal meningkatkan fungsi otak dan memaksimalkan daya ingatnya, sedangkan kandungan vitamin C pada blackcurrent merupakan komposisi penting dalam meminimalisir masuknya racun menuju otak sehingga penurunan daya ingat dapat dicegah.

7. Zinc

Ketajaman otak dapat dipicu oleh zat yang bernama zinc. Zinc ini banyak ditemukan dalam berbagai jenis bahan makanan, salah satunya adalah kuaci biji labu. Rutinitas mengkonsumsi makanan tersebut akan membantu memelihara ketajaman berpikir dan daya ingat.

Dari beberapa makanan untuk meningkatkan daya ingat tersebut di atas, pilihlah yang paling mudah dilakukan dan sesuai dengan budget kantong anda (hehe..).

0 komentar:

Posting Komentar