Kamis, 03 Januari 2013

Tips dan Triks membuat Crispy Crepe

Tips dan Triks membuat Crispy Crepe. Crepe ( bahasa Perancis ) adalah kue dadar tipis. Kulitnya mirip kue crepe dadar jajanan nusantara yang berisi unti. Ketika crepe yang tipis dan renyah ini muncul, langsung bisa diterima masyarakat dari berbagai kalangan dan berbagai kota. Karena selera masyarakat pada umumnya menyukai makanan yang renyah-renyah.

 

Crepe yang renyah selalu diisi buah-buahan atau daging yang diberi saus. Adonan crepe yang tipis ini sebenarnya mirip dengan crepe biasa. Hanya cara mendadarnya yang dibuat setipis mungkin hingga crepe menjadi renyah. Digerai-gerai crispy crepe, kue ini dibuat diatas wajan listrik yang permukaannya datar. Kemudian untuk membuat adona tipis melekat, digunakan sendok kayu yang tegak lurus. Sendok ini diletakkan ditengah wajan tegak lurus lantas diputar hingga adonan yang masih cair tersebar membentuk crepe yang tipis.

 

Kalau anda ingin membuatnya dirumah, gunakan saja cetakan martabak dari baja yang tebal agar panasnya cepat, tetapi kue tidak hangus. Sedangkan alat lainnya adalah kuas dan sendok kayu yang tegak lurus dengan bagian bawahnya dibuat dari batok kelapa yang bagian bawahnya licin dan rata.

 

Berikut beberapa tips dan triks membuat crepe :

>> Cara pertama

Tuang adonan kedalam cetakan martabak. Sebar adonan dengan sendok kayu khusus. Biarkan sebentar agar bagian bawah adonan matang. Keruk adonan yang belum matang. Hingga yang terisi diwajan adalah kue yang tipis.

>> Cara kedua

Celupkan kuas yang lebar kadalam adonan lalu oleskan adonan di atasnya hingga sepenuh wajan.

>> Cara ketiga

Sendokkan adonan ke dalam wajan lalu letakkan sendok kayu yang bawahnya tegak lurus. Putar hingga adonan melebar dan tipis.

**CARA MENGISI CREPE

Letakkan isi di atas crepe sebelum crepe menjadi kering. Segera lipat dan angkat. Kue akan mengering dengan sendirinya. Khususnya untuk crepe yang isinya basah, harus segera sajikan agar crepe tidak keburu basah dan liat ketika dimakan.

0 komentar:

Posting Komentar