Kamis, 24 Januari 2013

Menu Makanan Bayi 6 Bulan

menu makanan bayi 6 bulan
Menyusun menu makanan bayi bukan hal yang mudah, untuk itu ada beberapa hal yang diperhatikan sebelum anda mulai memberi makan bayi anda, tentunya agar bayi anda menjadi sehat dan kuat.

Faktor-faktor penting dalam pemberian makanan pada bayi

Jika Anda merupakan pasangan muda yang baru saja dikaruniai bayi dan sebelumnya belum pernah merawat bayi, maka beberapa penjelasan dalam artikel ini sangat direkomendasikan bagi Anda. Jika Anda memiliki bayi, maka salah satu bagian penting dari kehidupan bayi yang harus Anda ingat adalah makanan. Pemberian makanan pada bayi berbeda dengan pemberian makanan pada orang dewasa.
Seorang bayi harus diberikan makanan secara bertahap. Pemberian makanan secara bertahap memiliki tujuan agar kecenderungan bayi akan alergi makanan dapat dipantau. Telah diketahui sejak lama, bahwa reaksi bayi terhadap makanan berbeda-beda. Ada bayi yang memiliki alergi pada jenis-jenis makanan tertentu, semisal ikan atau telur. Reaksi yang ditimbulkan bervariasi, mulai dari gatal-gatal hingga sesak nafas. Pengamatan pada alergi membantu bayi Anda untuk tetap sehat di bulan-bulan pertama pada hidupnya. Makanan bayi juga harus dibedakan berdasarkan umur, Makanan bayi 1 bulan tentu sangat berbeda dengan menu makanan bayi 6 bulan.

Pemberian makanan secara bertahap pada bayi juga bertujuan membiasakan bayi untuk mengenal rasa dan tekstur makanan. Jika bayi sudah terbiasa dan cocok terhadap satu jenis makanan, maka pemberian makanan dengan porsi yang lebih besar dapat dilakukan. Pemberian makanan bayi seharusnya memperhatikan kandungan gizi dan kandungan vitamin serta mineralnya. Jangan memberi makanan yang hanya menyebabkan kenyang tapi tidak mengandung vitamin dan zat-zat lain yang berguna untuk menunjang kesehatan. Pemberian makanan secara berlebihan juga harus dihindari karena justru akan menyebabkan obesitas pada bayi Anda.

Anda dapat menggunakan makanan-makanan bayi kemasan yang banyak dijual di supermarket karena seluruh makanan-makanan bayi yang beredar sudah memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi bayi. Selain memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi bayi, makanan-makanan bayi kemasan juga dirancang untuk memenuhi selera sebagian besar bayi. Terdapat banyak jenis makanan bayi yang dijual dalam bentuk kemasan. Anda harus selektif dalam memilihnya, karena terkadang terdapat zat-zat berbahaya yang ditambahkan di dalamnya. Pilihlah makanan bayi kemasan dari merk yang telah memiliki reputasi tinggi sebagai produsen makanan bayi.

Selain pemberian makanan secara bertahap dengan menggunakan makanan yang berkualitas, konsumsi untuk bayi sebaiknya juga dilengkapi dengan pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara teratur. Pemberian ASI secara teratur mampu memberikan nutrisi-nutrisi yang terkadang tidak mampu dipenuhi oleh makanan-makanan kemasan. Pemberian ASI dapat merangsang sel-sel otak bayi untuk berkembang dan juga menguatkan daya tahan tubuh bayi, Berbagai penelitian membuktikan bahwa anak yang diberi ASI relatif lebih kuat daya tahan tubuhnya jika dibandingkan dengan anak yang tidak pernah diberi ASI. Dari penjelasan-penjelasan diatas, kita telah dapat mengambil beberapa poin penting dalam mempersiapkan makanan bayi yang berkualitas bagi bayi-bayi kita.

Menu Makanan Bayi 6 Bulan

bayi 6 bulan

bersamaan dengan pengenalan bubur beras, bayi bisa mulai dikenalkan buah dan sayuran. pertimbangannya adalah mulai memerlukan makanan ringan di antara makan besar (pagi-siang- sore/malam), dan makanan ringan berupa buah/sayur cukup mengenyangkan tapi mudah dicerna, serta kaya vitamin, mineral dan serat. untuk permulaan, berikan 2-3 sendok teh pisang atau pepaya (keduanya tidak bersifat masam dan teksturnya lunak – risiko tersedak lebih kecil), atau jus wortel (diblender), dengan frekuensi 2 kali sehari. porsinya bisa ditambah secara berangsur.

dahulukan mengenalkan sayur ketimbang buah. pertimbangannya, rasa buah lebih enak (manis) ketimbang sayuran. Jika bayi sudah lebih dulu mencicipi buah, dikhawatirkan ia mengembangkan preferensi terhadap rasa manis ketimbang terhadap sayuran yang cenderung langu.

Resep Menu Makanan Bayi 6 Bulan

brokoli

Untuk anda yang memiliki bayi usia 6 bulan, berikut ini kami berikan resep menu makanan bayi 6 bulan.

Bubur kentang brokoli

Bahan :
  1. 40 gr daging ayam, cuci, buang lemaknya, potong kecil
  2. 100 gr tahu potong kecil-kecil
  3. 200 gr kentang, kupas, potong kecil
  4. 40 gr wortel, kupas, potong kecil
  5. 120 ml air
  6. 25 gr brokoli, petik sesuai kuntum, potong kecil

Cara membuat :
  1. masukkan daging ayam, tahu, kentang dan wortel kadalam panci. Tambahkan air, lalu masak sampai mendidih. Tutup dan biarkan selama 30 menit.
  2. masukan brokoli masak dalam keadaan tertutup selama 10 menit atau sampai brokoli lunak, angkat.
  3. masukan dalam blender dan haluskan, tuang dalam mangkuk dan biarkan dingin.

Catatan :
Agar kentang tidak berubah warna, setelah dikupas dan dibersihkan bagian lekuknya, rendam segera dengan air sebelum diolah lebih lanjut
Untuk 2 porsi (1 porsi = 155 kalori)

Selamat mencoba menu makanan bayi 6 bulan ini di rumah yah, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar