Jumat, 04 Januari 2013

Cara Memelihara Rambut agar Sehat dan Terlihat Indah

menyisir rambut
Rambut yang sehat dan indah, pastinya dambaan kita semua dong, khususnya untuk para wanita karena rambut adalah mahkota wanita. Makanya, perlu perawatan khusus agar rambut kita senantiasa sehat nan indah. Di Bawah ini adalah beberapa tips cara memelihara rambut agar senantiasa sehat dan terlihat indah, tentunya cara-cara ini membumi alias sederhana dan pastinya dapat dilakukan dengan mudah. Sehat tidak harus mahal bukan?



1. Bershampolah 2 hari sekali, jangan terlalu lama tidak bershampo, karena itu akan mengakibatkan rambut lepek, berminyak dan kotor. Dan jangan juga bershampo setiap hari, itu terlalu sering, karena akan mengurangi kilau rambut. Punggunaan shampo setiap hari boleh saja untuk rambut yang sangat berminyak, namun jika rambut kita kering penggunaan shampo haruslah dikurangi.

Untuk menghindari bahan-bahan yang berpotensi beracun, pilihlah shampo alami yang dapat memberikan nutrisi alami pada rambut Anda. Shampo terbaik adalah yang tidak mengandung Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Sodium Sulfat Laureth (SLES). SLS dan SLES adalah deterjen keras yang ditemukan di sebagian besar shampo, shower gel, dan sabun cair. SLS dan SLES berfungsi untuk membuat busa.
Cara Memelihara Rambut


2. Pijatan ringan sebelum bershampo akan membuat rambut sehat dan indah. Pijatan lembut pada kulit kepala merupakan salah satu cara memelihara rambut yang cukup penting karena akan merangsang aliran darah, memberi nutrisi pada folikel rambut dan mendorong pembaharuan sel kulit.

Caranya cukup gunakan ujung-ujung jari dan ibu jari. Mulailah pijatan pada dahi dengan gerakan melingkar, tekan perlahan kulit kepala lalu lanjutkan dengan pijatan ke atas kepala hingga seluruh permukaan kepala. Akhiri dengan pijatan yang ringan di bagian belakang kepala, pijatan ini akan membuat kita lebih rileks.

3. Menyisirlah, setiap hari rambut harus selalu disisir, untuk itu kebersihan dan bentuk sisir yang digunakan juga harus diperhatikan. Gunakanlah sisil yang lembut sehingga dapat mendistribusikan minyak dari kulit kepala secara merata dan tidak melukai kulit kepala. Jika rambut masih basah sebaikan disisir menggunakan sisir yang bergigi jarang, dan hindari sisir berbahan plasik, karena bahan plastik dapat menyebabkan rambut bercabang.

Jangan lupa untuk mencuci sisir menggunakan air hangat agar terjaga kebersihannya, karena jika menggunakan sisir kotor, maka kotoran pada sisir akan melekat pada rambut dan dapat merusak rambut.

4. Jangan menutup rambut dalam keadaan basah. Jika anda memakai jilbab, sebaiknya keringkan rambut dulu sebelum menggunakan jilbab dan biasakanlah gunakan vitamin rambut yang cocok dengan rambut anda.

Bagaimana mudah bukan cara memelihara rambut di atas? tidak perlu banyak-banyak yang penting dilakukan rutin setiap hari, supaya rambut kita bisa tetap sehat dan indah, juga dapat mengurangi biaya ke salon untuk memelihara rambut. setuju tidak? :)

0 komentar:

Posting Komentar