Sabtu, 05 Januari 2013

Kasiat Jeruk Nipis : Kandungan dan Manfaatnya

Kasiat Jeruk Nipis
Kita pasti mengenal yang namanya jeruk nipis karena selain mudah di dapat juga banyak kasiatnya, seperti mengobati batuk, bau keringat, membantu proses pencernaan, influenza, menambah stamina dan haid. namun sebelum saya sampaikan beberapa kasiat jeruk nipis, mari kita lihat kandungan jeruk nipis dalam setiap 100 gr nya.
kandungan jeruk nipis :
  • kalori 51 kal
  • protein 0,9 g
  • lemak 0,2 g
  • karbohidrat 11,4 g
  • mineral 0,5 g
  • kalsium 33 mg
  • fosfor 23 mg
  • besi 0,4 mg
  • asam askorbat 49 mg

Selain itu, jeruk nipis mengandung minyak terbang limonene dan linalool, juga flavonoid, seperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin. Kandungan buahnya yang matang adalah synephrine dan N-methyltyramine, selain asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1, dan C. Asam sitratnya mampu mencegah kekambuhan pada pasien pasca operasi batu ginjal.

Inilah beberapa kasiat jeruk nipis dan cara penggunaannya untuk pengobatan :


1. Batuk

madu dan jeruk nipis
Ambil satu jeruk nipis lalu dicuci, peras, dan campur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk hingga rata lalu disaring. Diminum 2-3 kali sehari. Atau perasan jeruk nipis ditambah sepotong gula batu lalu diaduk hingga rata, diminum 1 kali sehari sampai sembuh.

2. Batuk Disertai Influenza

Ambil sebuah jeruk nipis yang sudah matang dan mengandung air yang cukup banyak lalu potonglah dan peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk hingga rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

3. Batu Ginjal

Gunakan dua butir perasan jeruk nipis dan encerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

4. Bau Badan

Potong jeruk nipis yang cukup besar menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan ke ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukan tiap pagi dan sore.

5. Demam atau Flu

Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

6. Haid Tidak Teratur

Tiga sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.

7. Jerawat

Iris jeruk nipis, kemudian gosokkan irisan tadi pada kulit wajah, tunggu kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

8. Menambah Stamina

Bagi anda yang ingin menambah stamina, ini adalah salah satu kasiat jeruk nipis loh. cukup campurkan sebutir kuning telur ayam kampung, air perasan 1 buah jeruk nipis dan sedikit irisan gula merah. Aduk sampai rata, lalu minum. Lakukan sekali dalam seminggu.

9. Anyang-anyangan

Cucilah dua buah jeruk nipis, kemudian peras lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

10. Difteri

Cuci dua buah jeruk nipis, lalu peras airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

Masih banyak lagi kasiat jeruk nipis lainnya, tapi yang kami sampaikan di sini sudah sebagian besarnya dan menurut kami 10 kasiat jeruk nipis di atas termasuk kategori yang terpenting di antara kasiat-kasiat lainnya

0 komentar:

Posting Komentar