Sabtu, 12 Januari 2013

Dampak Psikologis Tayangan Misteri pada Anak

Dampak Psikologis Tayangan Misteri pada Anak. Tayangan misteri yang semakin banyak dilayar kaca saat ini, takut membuat orang beramai-ramai untuk melihat. Tidak hanya orang dewasa saja, tetapi anak-anak bahkan balita juga sangat tertarik dengan tayangan misteri!!! Bagaimana dampak psikologi yang akan di alami oleh anak-anak akibat tayangan misteri..??  Karena tayangan misteri ini tidak mempunyai unsur pendidikan khususnya tayangan yang ada di negara kita Indonesia. Mereka hanya mengedepankan unsur hiburan semata. Mungkin kalau di luar negri tayangan misteri masih mengandung unsur edukasi, contohnya film Harry pooter, scobydoo dan casper. Mereka masih menyelipkan misi edukasi yang diselipkan dalam tayangan misteri tersebut. Sehingga akan mempunyai dampak psikologis yang bagus bagi anak.

 

Tayangan misteri menjadi fenomena tersendiri untuk saat ini. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun ikut ketagihan melihat tayangan misteri. Karena usia anak-anak adalah usia yang penuh dengan keingintahuan. Oleh sebab itu mereka menjadi ketagihan sekaligus penasaran. Padahal kalau diperhatikan tayangan misteri mempunyai dampak pada psikologi atau kejiwaan anak. Tayangan misteri yang pada umumnya menciptakan rasa takut dan rasa penasaran bagi yang melihatnya. Menurut ahli psikologi ternyata rasa takut dan rasa penasaran itu sangat berbahaya bagi kejiwaan atau psikologi anak.

 

Tayangan misteri dianggap bahaya jika yang melihat adalah anak-anak yang berusia dibawah 10 tahun, alasnya karena anak-anak yang berusia dibawah sepuluh tahun belum memiliki kesadaran dan pemikiran rasional dan realistis tentang hal-hal ghaib. Tayangan misteri yang pada umumnya menggambarkan sosok jin, hantu, dan sejenisnya yang didramatisir sedemikian rupa, sehingga membuat anak-anak menjadi penakut. Akibatnya mereka tidak berani kemana-mana sendirian walaupun itu hanya sekedar di dalam rumah. Antara lain tidak berani ke kamar mandi sendiri dan takut akan gelap.

 

Selain menjadi penakut, tayangan misteri pada sebagian anak menjadi sebuah trauma. Utamanya bila secara kejiwaan mereka belum siap mental tentang hal-hal diluar nalar. Dampak yang lebih fatal lagi mengenai tayangan misteri ini akan menyebabkan trauma yang akan dibawa hingga anak dewasa. Sebenarnya dampak psikologis itu bisa di hindari dengan menjelaskan kepada anak bahwa memang ada mahluk lain selain manusia, yang mungkin secara nyata tidak bisa terlihat oleh manusia. Agar anak tidak menjadi takut dan trauma setelah melihat tayangan misteri, karena dampak nya sangat berbahaya bagi psikologi anak. Jika anda ingin mengetahui apa saja yang harus dilakukan orang tua agar tayangan misteri tidak mempunyai dampak psikologi bagi anak, silahkan baca atikel berikutnya ya…!!?? SEMOGA BERMANFAAT

0 komentar:

Posting Komentar