Jumat, 04 Januari 2013

Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Tips cara menghilangkan ketombe
Sebelum kita mengetahui tips cara menghilangkan ketombe, kita bahas penyebabnya dulu yah. Ketombe dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah cara menyisir yang keliru, terlalu sering menggunakan alat kecantikan rambut bahkan mungkin dari pewarna rambut yang digunakan tidak cocok, sehingga menimbulkan ketombe. Penggunaan penutup kepala seperti topi dan jilbab dapat memicu tumbuhnya ketombe pada kepala anda, jika anda tidak memperhatikan dengan baik cara penggunaannya yang dapat menimbulkan kelembapan pada rambut, sehingga menimbulkan ketombe.



Keringat berlebih di kepala juga dapat memicu munculnya ketombe, karena keringat tersebut akan bercampur dengan minyak yang dihasilkan oleh kulit kepala. Munculnya ketombe juga dapat diakibatkan tidak cocok terhadap produk perawatan rambut seperti shampoo. Anda bisa saja memiliki alergi pada produk kecantikan tertentu, sehingga mengakibatkan munculnya ketombe.
ketombe rambut

Jamur dikulit kepala merupakan salah satu penyebab ketombe juga, walaupun sebenarnya jamur juga dibutuhkan oleh kulit kepala kita untuk mencerna minyak yang terdapat di permukaan kulit kepala, namun apabila kondisi jamur berlebihan maka hal ini juga menimbulkan ketombe dikepala kita.

Stress juga dapat memicu datangnya ketombe, so kalau anda stress lebih baik tenangkan fikiran dulu yah agar ketombenya berkurang.

Perhatikanlah faktor-faktor penyebab ketombe di atas, dan kenali penyebabnya agar anda dapat meminimalisir penyebab ketombe tersebut untuk mengurangi ketombe di rambut anda, karna mencegah adalah langkah awal dari pengobatan. Di bawah ini adalah beberapa tips cara menghilangkan ketombe.

5 Tips Cara Menghilangkan Ketombe :


1. Nanas

khasiat buah nanas
Kandungan zat bromelin yang terdapat pada nanas berkhasiat menghilangkan sel-sel jaringan kulit yang tidak sehat termasuk ketombe.

Cara menggunakannya, parutlah nanas secukupnya setelah anda membuang kulitnya, dan pilihlah nanas yang sudah matang. Gosoklah hasil parutan nanas di kulit kepada dan diamkan selama satu malam. Bilaslah rambut dipagi harinya.

2. Jeruk nipis

khasiat jeruk nipis
Di tips cara menghilangkan ketombe yang kedua ada jeruk nipis, buah serbaguna untuk kecantikan. Kandungan asam salisat yang terdapat pada jeruk nipis dapat mengangkat lemak yang menempel di kulit kepala.

Cara penggunaan : potonglah jeruk nipis lalu usapkan pada kulit kepala anda, kemudian diamkan sesaat setelah itu bilahlah kepala anda menggunakan air bersih.

3. Mengkudu

khasiat buah mengkudu
Zat alkaloid terpenoid yang terdapat pada buah mengkudu berkhasiat sebagai penghilang lembab dan antiseptik serta pelembut bagi kulit kepala.

cara penggunaan : ambilah yang sudah masak kemudian parut mengkudu tambahkan sedikit air lalu aduk hingga rata. Setelah rata, oleskan parutan mengkudu tersebut di kepala dan biarkan hingga mengering. Bilaslah menggunakan air bersih.

4. Zinc

manfaat zinc
Jika ketombe sudah parah, maka gunakanlah sampo anti ketombe yang mempunyai kandungan zinc, karena zinc juga bermanfaat mengurangi ketombe. Mungkin ini terlihat tidak alami, tetapi hal ini dapat membantu anda mengurangi ketombe, tapi ingat gunakan jika kondisinya sudah parah saja yah.

5. Cuka

botol cuka
Tips cara menghilangkan ketombe yang terakhir adalah dengan menggunakan cuka. Caranya yaitu cukup campurkan cuka dengan air bersih dengan perbandingan 1:1, contohnya secangkir cuka dicampur dengan secangkir air bersih. Gunakan campuran ini sebagai bilasan terakhir setelah anda keramas kemudian diamkan beberapa saat. Lalu bilaslah dengan air bersih.

Namun selain tips cara menghilangkan ketombe di atas, ada satu hal yang harus anda ingat pada saat anda mandi, yaitu jika anda berkeramas, bilaslah dengan bersih, jangan sampai masih tersisa busa yang tertinggal pada rambut, karena akan menjadi ketombe yang membandel. semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar