Sabtu, 05 Januari 2013

Makanan Sehat Wanita Hamil, Untuk Kesehatan Ibu dan Bayi

makanan sehat wanita hamil
Bagi wanita selama masa kehamilan mengkonsumsi makanan yang sehat menjadi penting. No Junk Food diperbolehkan saat mempersiapkan diri untuk menjadi seorang ibu. Makanan sehat wanita hamil dapat membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat dan raga yang sehat, sehingga proses kelahiran menjadi lebih lancar dan melahirkan seorang anak yang sehat pula.

Mengkonsumsi kalsium, zat besi, vitamin, serat dan mineral sangat penting untuk wanita yang sedang hamil. Nah zat-zat tadi dapat anda dapatkan dari beberapa contoh makanan sehat wanita hamil berikut ini.

1. Telur
telur ayam kampung

Anda akan mendapatkan banyak manfaat dalam satu telur dengan hanya sekitar 90 kalori. Telur mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral, dan banyak mengandung protein berkualitas, yang penting untuk kehamilan. Sel-sel bayi Anda tumbuh pada tingkat yang eksponensial. dan setiap sel terbuat dari protein,dan sebagai wanita hamil, Anda memiliki kebutuhan protein sendiri.

Telur juga kaya akan kolin, yang secara keseluruhan mendorong pertumbuhan bayi dan kesehatan otak, sambil membantu mencegah cacat tabung saraf. Beberapa bahkan mengandung lemak omega-3, yang penting bagi otak dan perkembangan penglihatan.

2. Kacang
kacang buncis

Dari sekian banyak pilihan makanan sehat wanita hamil, manfaat kacang bagi wanita hamil sudah tidak diragukan. Dari semua jenis kacang, buncis mengandung serat dan protein yang paling banyak dari semua jenis sayuran.

Anda sudah tahu protein penting selama kehamilan, namun Anda mungkin belum menyadari bahwa serat dapat menjadi teman terbaik Anda selama menunggu sembilan bulan. Pada kehamilan, saluran pencernaan melambat, menempatkan Anda pada risiko untuk sembelit dan wasir. Serat dapat membantu mencegah dan meringankan masalah ini.

Selain itu, makanan yang mengandung serat cenderung menjadi kaya gizi, karena juga merupakan sumber yang baik dari zat besi, folat dan kalsium.

3. Ubi jalar
ubi jalar

Ubi jalar mempunyai warna oranye yang terdiri dari karotenoid, pigmen tanaman yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh kita.

Meskipun mengkonsumsi terlalu banyak pembentuk vitamin A (ditemukan dalam sumber-sumber hewani, seperti hati, susu, dan telur) bisa berbahaya, karotenoid adalah cerita yang berbeda. Zat ini dikonversi menjadi vitamin A hanya jika diperlukan, sehingga tidak perlu untuk membatasi konsumsi vitamin A yang kaya buah-buahan dan sayuran.

Ubi juga merupakan sumber vitamin C, folat, dan serat. Dan seperti kacang, ubi murah dan serbaguna.


4. Sayuran yang Berwarna Hijau Tua.

Manfaat sayuran sebagai makanan sehat untuk wanita hamil sudah tidak diragukan, terutama sayuran yang berwarna hijau tua. Contohnya bayam, atau sayuran berdaun hijau lain yang sarat dengan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin A, C, dan K, serta folat yang sangat penting. Sayuran juga telah ditemukan untuk meningkatkan kesehatan mata.

5. Daging tanpa Lemak

Daging adalah sumber protein berkualitas tinggi, carilah daging tanpa lemak atau lemak yang telah dipisahkan. Ketika membeli daging merah, sangat susah untuk mendapatkan daging yang bebas lemak.


6. Buah-buahan dan sayuran Beraneka Warna

sayuran dan buah-buahan
Makan berbagai berbagai warna sayur serta buah seperti warna hijau, merah, oranye, kuning, ungu, putih akan memastikan bahwa Anda dan bayi Anda mendapatkan berbagai nutrisi. Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Keuntungan lain makan buah dan sayuran adalah pada tahap akhir kehamilan, karena bayi dapat mencicipi makanan yang Anda makan melalui cairan ketuban. Jadi jika Anda sudah memperkenalkan bayi Anda pada berbagai buah-buahan sehat dan sayuran dalam rahim, Anda akan meningkatkan peluang bayi Anda akan mengenali dan menerima rasanya di kemudian hari.

Jadi bila anda hamil di kemudian hari atau anda sedang hamil saat ini, ingatlah bayi anda dan anda sendiri sangat membutuhkan nutrisi yang baik, mengkonsumsi makanan sehat wanita hamil dapat membuat anda sehat dan begitupun dengan bayi yang akan dilahirkan nantinya. Salam Kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar