Selasa, 12 Maret 2013

Pemanfaatan Buah-Buahan untuk Diet

buah-buahan untuk diet
Diet merupakan hal yang sangat diperlukan jika kita ingin mengurangi berat badan. Diet merupakan tindakan pengotrolan dan pengaturan menu makan sehingga menghasilkan konsumsi kalori dan kolesterol yang seimbang. Tingkat kalori dan kolesterol yang seimbang pada gilirannya akan mampu mengurangi berat badan hingga pada tingkat yang ideal. Diet sangat bagus dan efektif jika dikombinasikan dengan olahraga.

Diet biasanya dikombinasikan dengan konsumsi buah-buahan, walau masih terdapat pro dan kontra akan hal ini. Buah-buahan yang bagus untuk dikonsumsi dalam diet meliputi beberapa, seperti di bawah ini.


Buah-buahan untuk Diet

buah jeruk dan apel
  1. Apel
    Apel merupakan salah satu dari buah-buahan paling popular di Indonesia, selain jeruk dan mangga. Alasan mengapa apel sangat baik jika dikonsumsi dalam sebuah program diet adalah karena kandungan seratnya yang tinggi. Dengan kandungan serat yang tinggi, maka apel dapat mempercepat metabolism tubuh hingga mencapai tingkat yang tinggi dan pada gilirannya akan mencegah penyerapan gula secara berlebih. Seperti telah kita ketahui bersama, penyerapan gula secara berlebihan dapat meningkatkan kemungkinan obesitas.
  2. Jeruk
    Jeruk mengandung banyak air dan vitamin C dalam proporsi yang sangat tinggi. Dengan kandungannya, jeruk dapat merangsang pembakaran lemak secara lebih cepat dan terarah. Dengan kemampuan membakar lemaknya, tidak salah bahwa jeruk dipilih sebagai buah favorit dalam sebagian besar program diet di dunia.
  3. Semangka
    Sama seperti jeruk, semangka juga memiliki kandungan air dan vitamin C yang besar. Selain kandungan air dan vitamin C, semangka juga memiliki kandungan unsur kalium yang mampu mengaktifkan hormon tiroksin pada tubuh manusia.
    buah semangka dan strawberry
    Hormon tiroksin ini akan merangsang pembakaran lemak secara alami dan lebih cepat.
  4. Strawberry
    Buah ini mengandung sedikit kalori sehingga bagus jika dikonsumsi selama masa diet. Selain kandungan kalori yang rendah, strawberry terbukti efektif dalam membersihkan usus dan meningkatkan kecepatan metabolism sehingga dapat menghasilkan pembuangan racun dalam tubuh secara lebih efektif.

    buah ceri
  5. Ceri
    Buah ceri juga menjadi salah satu buah-buahan untuk diet. Buah ini biasa digunakan sebagai perangsang metabolism pencernaan sehingga dapat mengurangi kecepatan penyerapan lemak dalam tubuh.
  6. Nanas
    buah nanas
    Nanas merupakan buah yang dikenal sejak lama sebagai buah penurun berat badan. Alasan dibalik reputasi nanas tersebut adalah karena nanas dapat digunakan sebagai pembakar lemak. Bahkan berbagai penelitian menyebutkan bahwa nanas merupakan pembakar lemak jika dibandingkan dengan buah-buah lainnya. Alasan utama mengapa nanas adalah pembakar lemak yang baik adalah kandungan dalam nanas yang dapat mencegah penyimpanan lemak dalam tubuh. Selain mempunyai kandungan yang dapat mencegah penyimpanan lemak dalam tubuh, nanas juga mengandung vitamin A, B, C, dan E, serta juga 16 mineral penting yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia.

Namun, untuk berdiet tidak cukup dengan mengkonsumsi buah saja, diperlukan juga nutrisi yang lain seperti karbohidrat dan protein, sebaiknya kombinasikan buah-buahan untuk diet dengan asupan makan yang bergizi, agar badan tetap fit dan segar selama berdiet.

0 komentar:

Posting Komentar