Jumat, 01 Maret 2013

Nilai Kebaikan yang Harus Ditanamkan pada Anak

Nilai Kebaikan yang Harus Ditanamkan pada Anak. Anak adalah harta berharga bagi setiap orang tuanya, oleh sebab itu kita jujur sebagai orang tua punya kewajiban yang besar agar anak tumbuh dengan sehat dan punya perilaku yang baik. Anak terlahir bagaikan selembar kertas putih, tinggal bagaimana orang tua akan mengolah kertas putih tersebut. Kadang banyak orang tua yang merasa tak perlu mengajarkan nilai-nilai kebaikan pada balita. Karena orang tua menganggap anak balita belum bisa memahami apa yang akan mereka ajarkan. Padahal, banyak kesempatan dan cara sederhana yang bisa dimanfaatkan untuk mengajarkan nilai-nilai kebaikan tersebut. Berikut beberapa nilai-nilai kebaikan yang harus ditanamkan pada anak sejak dini, yaitu :

1. KEJUJURAN

Kejujuran adalah salah satu cara membantu anak menemukan cara menyampaikan sebuah kebenaran. Cara terbaik menanamkan sifat kejujuran pada anak adalah dengan cara menjadikan diri anda sebagai orangtuanya untuk menjadi contoh nyata seseorang yang selalu memegang kebenaran, sehingga anak akan meniru apa yang akan anda lakukan. Yang terpenting disini adalah anda sebagai orang tua harus menghindari kecurangan dalam bentuk apapun, bahkan meskipun itu adalah kecurangn dalam hal yang sepele sekalipun. Jangan biasakan bicara bohong meskipun itu dalam hal kebaikan dan jangan mempunyai reaksi yang berlebihan saat sikecil berbohong. sebaiknya anda sebagai orang tua membantu anak menemukan cara untuk berkata jujur. Tetapi yang terpenting adalah jangan paksa anak untuk mengatakan yang sebenarnya, berilah sedikit waktu agar anak bisa berkata jujur pada anda.

2. KEADILAN

Apa yang akan anda lakukan jika anak melakukan kesalahan baik itu disengaja atau tidak, tentu anda akan menyuruhnya meminta maaf. Tetapi itu saja belumlah cukup, anda harus mengajarkan padanya tentang keadilan. Anda sebagai orang tua harus bisa mendorong anak untuk berbuat sesuatu guna memperbaiki kesalahannya. karena jika hanya bicara ” Aku minta maaf ” mungkin itu terlalu mudah bagi seorang anak dan itu tidak akan membuatnya berpikir tentang kesalahnnya. Apabila anda mengetahui anak anda berbuat jahat terhadap anak lain, bantulah dia untuk memikirkan cara memberikan ganti rugi atas apa yang telah dia lakukan. Mungkin dia bisa memberikan mobil-mobilan kepada temannya sebagai ganti mainan yang telah dia rusakkan. Dengan mendorong anak melakukan hal-hal tersebut, berarti anda manamkan pada anak pentingnya memperlakukan orang lain secara adil.

3. KETETAPAN HATI

Apabila anak anda menunjukkan hasil lukisannya, apa yang akan anda katakan? Tentu anda akan memujinya, meskipun lukisan itu tak sebagus pujian anda. ketetapan hati adalah suatu nilai yang bisa anda berikan pada sikecil dengan cara jangan memberikan pujian yang terlalu berlebihan untuk karya-karyanya dan berikan pujian yang jujur tentu dengan mempertimbangkan perasaan anak, yaitu dengan cara yang lembut dan bersifat mendukung. Doronglah anak untuk melakukan hal-hal yang tidak terwujud dengan cara yang mudah. Setelah itu baru berikan pujian dengan perkataan yang akan membuat anak merasa tersanjung dan bahkan akan lebih bulat tekadnya untuk selalu mencoba.

4. MEMBUAT PERTIMBANGAN

Hal ini akan mengajarkan anak untuk memikirkan tentang perasaan orang lain. Untuk mengajarkan hal ini anda bisa menggunakan moment saat anak menangis pada waktu anda ajak belanja. Setelah anak mulai tenang katakan padanya bahwa jika dia menangis di toko mainan tadi membuat anak-anak yang lain, juga ibunya merasa kesal? Karena membuat suasana toko menjadi panas dan tidak nyaman. Kemudian tanyakan bagaimana caranya agar belanja lebih menyenangkan ? Tentu dengan pertanyaan itu akan membuat anak berpikir dan punya ide. Nah disitulah anda sebagai orang tua telah membantu anak anda membuat nilai pertimbangan. Bersama berjalannya waktu, anak-anak akan melihat bahwa kata-kata atau perbuatan bisa membuat orang lain senang. Dan jika kita baik kepada orang lain tentu orang lain akan baik pula kepada kita. Umpan balik inilah yang akan mendorong anak untuk melakukan pertimbangan-pertimbangan.

5. CINTA

Disini adalah pentingnya menunjukkkan kasih sayang anda kepada si buah hati. Secara alami anak-anak lebih mencintai orang dekat. Namun sangat disarankan agar rasa cinta ini di kembangkan supaya anak bisa mencintai siapa saja. Caranya yaitu jadikan anda sebagai contoh, tunjukkan kepada anak bahwa anda menyayangi semua orang yang ada dirumah misalnya dengan memeluk ayah, kakak, atau nenek. katakan bahwa betapa anda menyayangi mereka. makin banyak peluk-cium buat sikecil tentu akan semakin penuh kasih sayang dirumah anda dengan cinta dan kasih sayang dan akan makin tertanamlah nilai cinta dihati buah hati anda.

Dengan nilai-nilai kebaikan diatas semoga bisa membantu anda melatih sikecil tentang nilai kebaikan, yang memang sangat penting ditanamkan pada anak sejak dini. Selain nilai kebaikan diatas sebenarnya masih banyak lagi nilai-nilai kebaikan lainnya. Oleh sebab itu sebagai orang tua harus bisa menjaga tingkah laku didepan anak. Karena bagi anak, orang tua adalah contoh nyata dalam membentuk perilku anak itu sendiri. SEMOGA BERMANFAAT…..@@@@

0 komentar:

Posting Komentar