Minggu, 21 April 2013

Tips Cepat Tidur dan Meningkatkan Kualitas Tidur

tips cepat tidur
Mungkin pernyataan kualitas tidak bergantung pada kuantitas tidak selamanya benar. Hal ini berlaku ketika seseorang ingin mendapatkan tidur yang berkualitas. Selain pola tidur yang baik, ternyata kualitas tidur manusia juga dipengaruhi kuantitas tidur yang cukup pula. Terbukti ketika pengidap insomnia mengalami disfungsionalisasi tubuhnya ketika bangun dari tidurnya. Hal ini dikarenakan kuantitas tidur yang kurang akan membuat proses ‘pengistirahatan’ badan tidak sempurna dan justru memberikan efek yang buruk. Salah satu cara agar kita mendapatkan tidur yang berkualitas dengan kuantitas yang cukup adalah dengan melatih atau membentuk pola tidur lebih cepat. Jika tidak terbiasa, tentu saja akan sulit untuk membentuk pola tersebut. Anda hanya harus tenang, membaca beberapa tips cepat tidur berikut, dan terapkan dalam pola hidup.


  1. Membaca buku yang sekiranya membosankan dikatakan sebagai salah satu alternatif jitu membantu Anda tidur lebih cepat. Cara pertama ini memang terdengar tidak cerdas, tetapi terbukti efektif. Penjelasan logisnya adalah membaca buku sendiri telah menjadi satu aktifitas yang membosankan bagi sebagian orang. Efek kebosanan yang diterima akan  bertambah seiring dengan isi buku yang berat dan membosankan. Otak dan mata akan cepat merasa lelah sehingga kantuk akan semakin cepat menyerang.
  2. Keadaan kamar juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Anda sehingga berpengaruh pula terhadap apakah anda dapat tidur dengan cepat di malam hari atau tidak. Ruangan yang gelap atau paling tidak dengan penerangan yang minim dapat membuat Anda lebih cepat beradaptasi dengan kegelapan sehingga kantuk juga akan mudah datang. Kamar yang panas seringkali menjadi satu hambatan besar ketika anda ingin tidur cepat dan pulas. Membuat ruangan kamar anda sesejuk mungkin akan membantu tidur lebih mudah dan cepat.
  3. Tips cepat tidur berikutnya yaitu dengan mendengarkan lagu-lagu lembut yang memberikan efek tenang akan membuat anda merasa nyaman. Hal ini memicu komponen-komponen tubuh anda untuk bersantai dan tidur cepat dan nyenyak bukan lagi hanya menjadi impian.
  4. Gangguan tidur akibat tidak tenangnya pikiran dan perasaan dapat diatasi dengan latihan menenangkan diri sendiri salah satunya dengan melatih pernapasan yang membantu memberikan efek tenang. Tidak perlu menguasai teknik pernapasan dada, perut, atau diafragma yang mungkin asing bagi anda. Cukup dengan pejamkan mata, menarik napas dalam-dalam, dan rasakan setiap udara yang anda hirup merasuki setiap aliran darah anda. Tak akan lama, anda akan tidur dengan pulas.
  5. Mandi sebelum tidur upayakan badan dalam keadaan segar karena itu cobalah mandi terlebih dulu sebelum tidur karena mandi menjadi salah satu cara membuat otot santai dan segar.
  6. Bercinta sebelum tidur. Bagi anda yang sudah menikah anda dapat melakukan hal ini jika anda ingin lebih cepat tertidur.
  7. Minum segelas susu atau secangkir teh hebral hangat. Jangan khawatir minum segelas susu hangat sebelum tidur akan membuat tubuh anda gemuk. Susu mengandung kalsium dan l-tryptophan yang membantu tubuh mempersiapkan untuk tidur.
  8. Karena gangguan tidur beresiko menjadi suatu penyakit yang jika dibiarkan akan berakibat fatal, obat menjadi salah satu alternatif bagi sebagian orang untuk mengatasinya. Akan tetapi, seringnya mengkonsumsi obat akan mengakibatkan ketergantungan yang merugikan. Pada satu titik, ketergantungan itu akan menyebabkan anda tidak dapat tidur bila tidak mengkonsumsinya. Tubuh kita adalah ciptaan yang luar biasa. Ia dapat dilatih melakukan berbagai macam hal meskipun sulit pada prosesnya. Latih tubuh anda agar menjadi kuat, berfungsi sebagai mana mestinya, meski tanpa bantuan rangsangan dari luar.
Dari beberapa tips cepat tidur di atas, anda dapat memilih salah satu yang paling cocok untuk anda. Namun, jika anda mengalami kesulitan tidur yang berkelanjutan, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda.

0 komentar:

Posting Komentar