Minggu, 21 April 2013

Penyebab Pusing Saat Hamil dan Cara mengatasinya

pusing saat hamil
Pada awal kehamilan sang calon bunda, ada beberapa gangguan badan yang terjadi akibat hamil diantaranya adalah pusing saat hamil. Pusing di saat hamil sudah terjadi secara umum pada ibu hamil terutama bagi mereka yang memasuki trimester pertama saat kehamilannya. Kondisi ini tentunya juga bervariasi antara ibu hamil yang satu dan yang lainnya. Ada beberapa diantaranya yang mengalami pusing sampai pada akhir trimester ketiga. Berbagai macam cara untuk mengatasi pusing di saat hamil yang dapat Anda terapkan  tetapi alangkah baiknya untuk mengetahui penyebab pusing terlebih dahulu.

Ada 2 penyebab utama pusing saat kehamilan yaitu kurangnya kadar gula dalam darah dan meningkatnya hormon pada tubuh. Selain itu, pusing saat hamil juga disebabkan oleh semakin membesarnya perut yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi pusing di saat kehamilan yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

  • Tips pertama yang dapat Anda praktikkan untuk mengurangi pusing di saat kehamilan adalah menghindari berdiri terlalu lama. Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar oleh karena itu usahakan untuk tidak berdiri terlalu lama atau jika Anda harus berdiri lama usahakan untuk menggerakkan jari-jari kaki Anda.
  • Tips kedua yang dapat dikatakan sangat sederhana adalah bangun secara perlahan dari tidur atau duduk. Biasanya jika Anda bangun dari duduk atau tidur, Anda akan pusing jika bangun secara tiba-tiba oleh karena itu bangun secara perlahan akan mengurangi pusing Anda.
  • Tips mengatasi pusing saat hamil selanjutnya adalah makan yang mengandung gizi cukup dan seimbang secara teratur. Usahakan untuk makan tepat waktu dan jangan membiarkan perut Anda kosong di saat hamil karena hal ini akan mengakibatkan menurunnya kadar gula dalam darah. Untuk menghindari perut kosong, sediakan cemilan yang sehat.
  • Upayakan untuk mengecek tekanan darah Anda secara berkala.
  • Pakailah pakaian yang tidak ketat atau longgar untuk melancarkan sirkulasi udara yang masuk ke tubuh Anda.
  • Pada saat tertentu, usahakan untuk tidak mandi dengan air hangat karena hal ini dapat menyebabkan kondisi tubuh panas.
  • Pada trimester kedua, hindari tidur terlentang dan tidur dengan posisi miring sangat dianjurkan.
  • Minum air yang cukup akan menghindarkan Anda dari dehidrasi dan banyak mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan tidak hanya di saat Anda hamil tetapi juga dalam kondisi apapun.

Selain kedelapan tips pusing saat Anda hamil di atas, mencoba untuk duduk dan meletakkan kepala di antara lutut akan mengurangi pusing saat Anda berjalan. Kondisi pusing saat hamil terutama pada trimester pertama sangat wajar jadi Anda tidak perlu khawatir jika pusing ini melanda tetapi jika pusing yang Anda rasakan sudah tidak wajar maka disarankan untuk pergi ke dokter kandungan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar