Jumat, 31 Mei 2013

Penyebab Kanker Usus Besar

penyebab kanker usus
Penyakit kanker usus merupakan penyakit mematikan yang sampai saat ini jumlah penderitanya semakin meningkat. Pada banyak kasus, biasanya penderita awalnya mengalami masalah kelainan pada pencernaan yang dianggap hanya kesalahan pada pemilihan makanan.

Ada beberapa pertanda penyebab kanker usus besar yang harus diwaspadai, diantaranya :
1. Polip

Faktor resiko terbesar yang membuat orang menderita kanker usus adalah polip kolorektal yang biasanya terlihat seperti bola yang mencuat dari dinding usus besar. Hal tersebut menyebabkan pendarahan pada dubur, walaupun biasanya tersembunyi pada kotoran. Polip memiliki peluang menjadi kanker sebesar 2,5 persen dalam lima tahun pertama dan memiliki kemungkinan menjadi kanker sebesar 20 persen setelah 20 tahun. Dengan ukuran yang besar, memberikan kemungkinan lebih besar polip menjadi kanker.

2. Penyakit usus

Penyakit usus atau peradangan usus yang pernah dialami seseorang merupakan resiko yang besar terkena kanker usus untuk nya. Semakin lama seseorang memiliki penyakit peradangan usus, maka semakin tinggi juga kemungkinannya menderita kanker usus, Karena bagian usus yang mengalami peradangan akan meningkatkan kemungkinan munculnya sel abnormal yang berubah menjadi sel kanker.

3. Merokok

Orang yang merokok dalam jangka panjang bisa menyebabkan kanker usus besar karena dua alasan. Pertama ketika asap rokok terhirup dan masuk pada usus besar. Asap rokok bisa menjadi karsinogen yang menyebabkan munculnya kanker. Sementara kedua adalah jika penggunaan tembakau bisa memicu polip pada usus.

4. Alkohol

Penelitian menunjukkan bahwa alkohol meningkatkan risiko kanker usus besar. Konsumsi alkohol secara teratur bisa meningkatkan resiko kanker kolorektal, sementara konsumsi alkohol berat bisa menyebabkan munculnya penyakit lain.

5. Obesitas

Obesitas merupakan salah satu penyebab kanker usus. Seseorang yang memiliki berat badan yang melampaui berat badan yang direkomendasikan meningkatkan resiko kanker usus besar. Pria dan Wanita yang mengalami obesitas memiliki risiko terkena kanker usus besar 50 persen lebih tinggi. meski begitu, wanita gemuk yang sehat memiliki resiko terkena kanker usus lebih kecil dibandingkan dengan wanita gemuk yang tidak sehat.

6. Diet

Diet yang tidak sehat juga merupakan penyebab kanker usus. Penelitian lain juga menemukan mengonsumsi daging merah secara rutin bisa meningkatkan resiko kanker. Namun mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran bisa membuat resiko terkena kanker usus menjadi kecil.

7. Kurang Olah Raga

Orang yang tidak aktif secara fisik kemungkinan lebih rentan terkena kanker usus besar. Sebuah studi menemukan bahwa meningkatnya berat badan dan penurunan aktivitas fisik berkaitan dengan peningkatan risiko kanker usus besar.

Demikian tujuh hal yang bisa menjadi penyebab kanker usus yang sebaiknya anda hindari.


baca juga :

Cara mencegah kanker usus.

0 komentar:

Posting Komentar