Kamis, 24 Januari 2013

Kandungan Buah Tomat : buah yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan

kandungan buah tomat
Tomat merupakan buah yang sangat menarik. Warnanya yang merah membuat selera makan orang meningkat. Dalam berbagai masakan Indonesia, tomat telah banyak digunakan sebagai salah satu bahan. Tomat sangat terkenal juga sebagai salah satu bahan baku sambal. Tidak hanya itu, tomat juga sering dikonsumsi dalam bentuk juice. Rasanya yang enak plus vitamin A dan vitamin C membuat tomat selalu menjadi pilihan dalam menu sehat. Selain bermanfaat sebagai pemasok vitamin A dan vitamin C, tomat juga berfungsi untuk kecantikan. Kandungan buah tomat dan manfaatnya sangat banyak dan dalam artikel ini, kita akan bahas kandungan buah tomat dan manfaat tomat di bidang kesehatan dan kecantikan.


Kandungan Buah Tomat :


Vitamin C. antioksidan yang berguna untuk membantu membuang radikal bebas dalam tubuh.

 Tomatine. Berkhasiat anti radang, karoten dan asam sitrat. Jika tomat digosokkan di wajah, kandungan asam sitrat tersebut dapat membantu mengangkat kotoran dan lemak, sehingga bisa dipakai obat jerawat alamiah hanya dengan menggosokkannya secara perlahan di wajah.

Karbohidrat . Bila dikonsumsi secara teratur dapat menjadi tambahan sumber energi bagi tubuh yang diperlukan untuk kinerja berbagai fungsi tubuh, seperti memacu otak dan otot-otot tubuh.

Lemak. Lemak dalam tomat pun mengandung asam lemak essensial yang memberi manfaat bagi kulit dan bagian tubuh lain. Selain itu berfungsi juga untuk melarutkan vitamin A, D, E, K yang baik untuk mata dan peredaran darah.

Protein. Di dalam tubuh menjadi sumber asam amino yang digunakan tubuh untuk membangun dan mengganti sel-sel yang rusak.

Jenis tomat terbaik adalah tomat mengandung banyak vitamin C, sekitar 25 mg. Tetapi tidak semua tomat memiliki kandungan nutrisi tinggi. Ada hal eksternal dn internal yang ikut mempengaruhi kandungan nutrisinya.

Kandungan buah tomat yang menarik adalah tingginya likopen. Selain memberikan warna merah, ternyata likopen juga terbukti efektif sebagai zat antioksidan. Jika likopen pada tomat digabung dengan kandungan dalam wortel, akan mampu menurunkan risiko terkena kanker. Kanker yang bisa diturunkan kadarnya antara lain, kanker prostat, lambung, tenggorokan dan usus besar.

Kandungan asam klorogenat dan asam p-kumarat dalam tomat, mampu melemahkan zat nitrosamine yang menjadi pemicu kanker. Sayangnya, penelitian tentang tomat sangat terbatas dilakukan. Terlebih di Indonesia, literatur khusus yang membahas tentang tomat sedikit sekali jumlahnya. Kalaupun ada, hanya pada teknik budidaya tanaman tomat.

Luar biasa kan, kandungan buah tomat, tapi selain tahu zat-zat yang dimiliki tomat, kita juga sebaiknya tahu manfaat buah tomat untuk kesehatan, seperti di bawah ini.


manfaat buah tomat

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan


1.    Pemasok antioksidan
Tomat telah lama diketahui banyak mengandung lycopene yang merupakan antioksidan. Fungsi dari antioksidan adalah melindungi tubuh dari radikal-radikal bebas. Radikal bebas sangat merugikan tubuh karena dapat merusak jaringan-jaringan tubuh yang pada gilirannya dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti kanker. Kandungan tomat juga sering diekstrak menjadi obat kemasan yang dibuat khusus untuk memasok antioksidan bagi tubuh manusia.

2.    Memperkuat ketahanan jantung
Kalium dan Vitamin B yang terkandung dalam tomat dapay meminimalisir kandungan kolesterol dalam pembuluh darah jantung. Pada gilirannya resiko akan penyakit jantung dan stroke dapat diminimalisir. Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa keluarga pemakan tomat cenderung lebih sedikit terkena serangan stroke dan jantung dibandingkan dengan keluarga yang jarang memakan tomat.

3.    Sumber vitamin utama
Menurut berbagai penelitian, tomat merupakan sumber vitamin utama pada kelompok buah-buahan, karena satu buah tomat dapat memasok 45% kebutuhan harian akan Vitamin C.

4.    Mengatasi diabetes
Menurut sebuah penelitian akhit-akhit ini, konsumsi tomat secara teratur telah terbukti mengurangi stress oksidatif pada diabetes tipe 2. Jus tomat sering diberikan pada pasien diabetes di sebagian besar rumah sakit.

5.    Mencegah tumbuhnya kanker
Telah lama beberapa penelitian menyimpulkan bahwa tomat dapat mencegah 2 jenis kanker, yaitu kenker prostat dan kanker usus. Untuk diketahui, senyawa lycopene dapat menjadi antioksidan yang “memusuhi” kondisi yang dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker.


makan buah tomat

Manfaat Tomat Bagi Kecantikan


1.    Menjaga kesehatan rambut
Vitamin A telah terbukti dalam beberapa penelitian sebagai salah satu unsur penjaga kesehatan rambut. Vitamin A telah terbukti juga sebagai penguat akar-akar rambut.

tomat untuk kecantikan
2.    Pencerah wajah
Tomat biasa juga digunakan sebagai unsur pencerah wajah dengan metode sederhana, yaitu dengan mendiamkan lapisan tomat pada kulit wajah selama sekitar 20 menit. Vitamin C yang terkandung dalam tomat data meresap di pori-pori wajah dan mempercerah wajah.

Dari uraian-uraian kandungan buah tomat dan manfaatnya diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa mengkonsumsi tomat secara teratur dapat mendatangkan berbagai hal positif bagi kesehatan tubuh kita. Jadi tunggu apalagi, tomat sangat bermanfaat bagi tubuh, mudah di dapat dan harganya juga sangat ekonomis, tak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi tomat. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar