Minggu, 09 Juni 2013

Kandungan Mie Instan yang Berbahaya Bagi Kesehatan

kandungan mie instan
Cara memasak yang mudah dan rasa yang sedap membuat mie instan disukai oleh banyak orang. Namun, jika dikonsumsi terlalu sering, bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Walaupun bisa menghilangkan rasa lapar, ternyata terdapat kandungan mie instan yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Di Bawah ini kandungan mie instan yang berbahaya bagi kesehatan anda.

1. MSG

Monosodium glutamate (MSG) digunakan untuk penyedap rasa mie instan. Ketika orang-orang yang alergi terhadap MSG mengonsumsinya, maka akan dapat menyebabkan rasa terbakar, panas di dada, kemerahan pada wajah, atau nyeri dan sakit kepala. Di dunia ada sekitar 1-2 persen orang yang alergi terhadap MSG.

2. Tinggi natrium

Natrium merupakan kandungan mie instan yang cukup tinggi jumlahnya. Bila anda mengkonsumsi natrium secara berlebih maka dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, strok dan kerusakan ginjal.

3. Hanya Mengandungan Karbohidrat yang tinggi.

Tingginya kandungan karbohidrat dan tidak memiliki kandungan lain seperti vitamin, mineral, atau serat dalam mie Instan membuatnya dianggap sebagai junk food dan tidak bisa menggantikan makanan bernutrisi.

4. Banyak Lemak Jenuh

Kandungan mie instan lainnya yang juga berbahaya adalah banyaknya lemak jenuh dan lemak trans yang dapat memberikan efek negatif pada kesehatan.


Beberapa bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari kandungan mie instan, jika dikonsumsi secara berlebihan.


1. Terganggunya penyerapan nutrisi

Mie instan dapat menghambat kemampuan anak di bawah 5 tahun untuk menyerap nutrisi. Setelah sering mengonsumsi mie instan, banyak anak-anak balita mengalami kesulitan menyerap nutrisi dari makanan yang tepat.

2. Kanker

Selain dengan bungkus plastik, ada juga mie instan yang dikemas dengan bungkus yang mengandung styrofoam dan bisa langsung diseduh. Padahal styrofoam dikenal sebagai agen penyebab kanker.

3. Keguguran

Sejumlah wanita hamil yang makan mie instan selama kehamilan mengalami keguguran. Hal ini karena kandungan bumbu dan pengawet pada mie instan dapat mempengaruhi perkembangan janin.

4. Gangguan metabolisme

Konsumsi mie instan jangka panjang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan akumulasi dari zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet dan aditif dalam mie.

5. Kerusakan organ

Mie instan mengandung propylene glycol, bahan anti-beku yang mencegah mi dari pengeringan dengan mempertahankan kelembaban. Tubuh menyerap zat tersebut dengan mudah dan terakumulasi di jantung, hati dan ginjal. Hal ini menyebabkan kerusakan dan kelainan organ, dan juga melemahkan sistem kekebalan tubuh.

6. Gangguan pencernaan

Mie instan dapat mengganggu sistem pencernaan. Konsumsi lanjutan dari mie instan mengakibatkan kembung, sembelit atau tidak teraturnya gerakan usus.

7. Obesitas

Mie instan adalah salah satu penyebab utama obesitas. Hindari mi instan karena mengandung sejumlah besar lemak dan natrium yang menyebabkan retensi air dalam tubuh.

Dibalik rasanya yang sedap, ternyata kandungan mie instan dapat memberikan efek yang negatif terhadap kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Jadi, jangan berlebihan yah..

0 komentar:

Posting Komentar