Kamis, 13 Juni 2013

Cara menyembuhkan sinusitis

cara menyembuhkan sinusitis
Sinusitis merupakan penyakit yang umum kita temui, namun tidak banyak yang mengetahui penyebab dan cara menyembuhkannya. So, mari kita bahas.

Pengertian Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit peradangan pada sinus yang disebabkan oleh alergi alergi ataupun infeksi virus, jamur ataupun bakteri pada salah satu keempat pasang rongga sinus, yaitu maksilaris (terletak pada pipi), etmoidalis (di kedua mata), frontalis (terletak pada dahi) atau sfenoidalis (di belakang dahi). Infeksi pada sinus akan menyebabkan kemacetan pada selaput lendir yang mengakibatkan pembengkakan dan peradangan yang dikarenakan adanya hambatan atau sumbatan udara dan lendir pada selaput lendir.



Sinusitis akut terjadi dalam kurun waktu kurang dari empat minggu. Biasanya sinusitis dimulai dari flu biasa yang disebabkan oleh virus. Sinusitis kronis, yang berulang atau berlangsung lebih dari 12 minggu, bisa disebabkan oleh infeksi saluran pernafasan atas, alergi jamur, atau penyimpangan anatomi, dll.

Penyebab Sinusitis

Penyebab sinusitis yang umum adalah alergi terhadap inhalansia, seperti serbuk sari, jamur, bulu binatang, debu, bahan kimia, polusi udara atau asap rokok.

Gejala Sinusitis

Gejala sinusitis dapat dirasakan seperti ada rasa nyeri pada bagian pipi, alis bagian atas, pembengkakan pada salah satu bagian mata, pilek, sakit kepala, batuk.

Cara Menyembuhkan Sinusitis

Sinusitis yang akut ataupun kronis dapat sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat. Di Bawah ini beberapa cara menyembuhkan sinusitis yang disarankan oleh dokter :

1. Rajin berolah raga. Panas tubuh dpt membuka saluran antara rongga sinus dengan rongga hidung
2. Hindari makanan atau minuman yg sangat dingin
3. Pemakaian obat obat atau spray hidung mengempiskan mukosa hidung / saluran sinus
4. Antibiotik, bila ada kecurigaan infeksi
5. Fisiotherapi

Namun, untuk penggunaan obat-obatan sebaiknya anda mendapatkan bimbingan dokter.

Selain menggunakan resep dokter, ada juga cara menyembuhkan sinusitis dengan ramuan herbal alami, seperti :

1. Air Garam

cuci hidung dengan air garam, agar menjaga saluran hidung tetap terbuka serta mengeluarkan lendir dan bakteri dari dalam hidung. Berkumur dengan air garam hangat, juga bermanfaat untuk membantu mengurangi sinusitis. Mandilah dengan air hangat, karena mandi dengan air yang dingin dapat menambah sinusitis anda menjadi berat.K

2. Diet

Kurangi produksi lendir dengan mengkonsumsi jeruk atau dengan mengkonsumsi makanan lain yang mengandung vitamin C karena akan menambah daya tahan tubuh dari infeksi. Banyaklah minum air putih, minimal 8 gelas sehari agar cairan pada rongga sinus tidak mengental.

3. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih mengandung cineole, zaat yang dapat melawan infeksi sinus. Minyak kayu putih dapat diminum dengan dosis 200mg setiap tiga kali sehari. Hal ini dapat mempercepat pemulihan pada penderita sinusitis akut. Dengan menggunakan minyak kayu putih utuk inhalasi upa, dapat membersihkan lendir dari saluran pernapasan.

Lobak

Kandungan lobak yang berupa senyawa sulfur dapat membunuh kuman penyebab sinusitis.

Namun, jika cara menyembuhkan sinusitis secara alami ini tidak memberikan perubahan pada sinusitis anda. Sebaiknya anda segera berkonsultasi kepada dokter. semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar