Jumat, 15 Februari 2013

Makanan Yang Mengandung Asam Folat dan Manfaat Asam Folat Bagi Kesehatan

makanan yang mengandung asam folat
Sebelum mengetahui makanan yang mengandung asam folat mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan asam folat.


Apa itu asam folat?


Asam folat yang memiliki beberapa nama antara lain folic acid, folate, folacin, vitamin B9, pteroyl-L-glutamic acid, pteroyl-L-glutamate, pteroylmonoglutamic acid atau vitamin BC adalah vitamin yang larut dengan air. Asam folat atau yang sering disebut vitamin B9 sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh dari sintesis nukleotid ke remetilasi homocysteine.


Manfaat Asam Folat


beberapa manfaat asam folat, antara lain :

1. Kurang mengonsumsi asam folat dapat memyebabkan penyakit jantung koroner. Rendahnya kadar asam folat akan meningkatkan kadar homocysteine yang diduga sebagai faktor resiko utama penyakit jantung karena dapat merusak lapisan dinding arteri.

2. Asam folat sangat dibutuhkan oleh wanita hamil, untuk mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf (Neural Tube Defects/NTDs) pada bayi, yaitu kelainan pada tulang belakang dan kelainan pada otak. Dengan mengonsumsi asam folat yang cukup pada masa sebelum dan selama kehamilan (sebanyak 0.4-0.8 mg perhari), resikonya dapat diturunkan sampai dengan 80 %.

3. Menguatkan sistem kekebalan tubuh. Anak-anak dan orang dewasa memerlukan asam folat untuk menjaga sistem imun. Untuk itu, anda dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 800 mcg/hari.

4. Kesehatan Mental. Asam folat sebagai salah satu pengatur keakuratan fungsi nutrisi neurotransmitter dan penyeimbang zat kimia otak. Asam folat juga dapat meningkatkan kadar serotonin yang dapat mengubah mood seseorang.


Makanan yang Mengandung Asam Folat


Tidak sulit untuk mencari makanan yang mengandung asam folat, karena makanan tersebut adalah yang sudah biasa kita konsumsi sehari-hari, antara lain :

1. Sayur-sayuran
Sayur-sayuran merupakan makanan yang mengandung asam folat seperti bayam, brokoli, kangkung, daun bawang dan kentang.

2. Buah-buahan
Buah-buahan juga makanan yang mengandung asam folat seperti pisang, jeruk, tomat, apel, pir, dan masih banyak buah lainnya.

3. Kacang-Kacangan

Hampir semua makanan dari jenis kacang-kacangan mengandung asam folat seperti, kacang panjang, kacang kedelai, kacang polong, kacang tanah. Asam folat juga dapat ditemukan pada makanan seperti sereal dan roti.

Namun, perlu diingat makanan yang mengandung asam folat sangat sensitif terhadap cahaya, oksigen dan suhu tinggi, jadi sangat disarankan dimakan dalam kondisi mentah dan jika ingin dimasak, jangan memasaknya terlalu lama karena akan mengurangi kandungan asam folat pada makanan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar