Selasa, 05 Februari 2013

Kandungan dan Manfaat Buah Pepaya

kandungan buah pepaya
Bagi para pemburu kesehatan, tentu buah papaya merupakan salah satu buah yang mungkin wajib di konsumsi, karena kandungan buah papaya dan manfaatnya untuk kesehatan.

Pepaya adalah salah satu buah yang paling popular di Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand dan Malaysia. Pepaya telah lama dikenal sebagai salah satu sumber vitamin C yang paling kaya. Buah pepaya berwarna kuning kemerah-merahan dengan daging buah yang berwarna merah muda. Buah pepaya dapat mencapai panjang 35 cm sehingga buah ini dapat digolongkan sebagai salah satu dari buah-buah terbesar di Indonesia.

Keberadaan pepaya di Indonesia memiliki sejarah yang menarik, karena sebenarnya pepaya tidak berasal dari Indonesia. Pepaya sebenarnya berasal dari Amerika Tengah yang dibawa ke Indonesia melalui perdagangan antar benua. Pepaya merupakan tanaman yang mudah berapdatasi pada berbagai kondisi tanah di iklim tropis, sehingga pepaya selama ini dapat dengan mudah di banyak daerah di Indonesia, mulai dari pesisir timur Sumatra hingga provinsi Nusa Tenggara Barat.


Kandungan Buah Pepaya dan Manfaatnya untuk kesehatan


Pemanfaatan pepaya yang paling utama tentu dari segi buahnya yang enak dan mengandung Vitamin A dan Vitamin C dalam jumlah yang banyak. Dapat dikatakan bahwa kandungan buah pepaya yang paling menonjol adalah Vitamin A dan Vitamin C. Harganya yang murah membuat pepaya merupakan sumber pasokan Vitamin A dan Vitamin C yang paling popular di segala lapisan masyarakat. Buah pepaya juga sering dimanfaatkan sebagai penambah rasa pada industri bir.

Secara garis besar, kandungan buah pepaya memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

1.    Sebagai medium penghilang racun dalam tubuh.
2.    Sebagai sumber makanan yang kaya akan Vitamin A dan Vitamin C.
3.    Sebagai pencegah timbulnya jerawat.
4.    Sebagai sumber antioksidan yang dapat mencegah dan mengurani radikal bebas dalam tubuh manusia.

Tidak hanya buahnya, pepaya merupakan tanaman serba bisa yang mampu dimanfaatkan seluruh bagian tubuhnya. Dalam artikel ini, akan dijelaskan beberapa bagian pepaya selain buah yang selama ini jarang dimanfaatkan oleh manusia walaupun sangat berguna bagi kehidupan.

Manfaat Akar pohon pepaya


Rebusan akar pepaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang selama ini sering menyerang kesehatan masyarakat. Kita dapat memanfaatkan pepaya sebagai obat cacing kremi yang menyerang dubur. Selain sebagai obat cacing kremi, rebusan akar pepaya juga dapat dimanfaatkan sebagai pencegah encok dan tekanan darah tinggi, dan juga penyembuh gigitan serangga.

Manfaat Daun pepaya


Daun pepaya dapat dimakan dan rasanya cukup enak dan khas. Masakan daun pepaya dapat digunakan sebagai perangsang nafsu makan dan mengobati penyakit beri-beri. Selain itu daun pepaya juga dapat digunakan untuk membantu kesembuhan pasca terkena Virus Malaria. Dalam berbagai industri pengolahan daging, daun pepaya juga banyak digunakan sebagai media pengempuk daging.

Manfaat Kuntum bunga pepaya


Kuntum bunga pepaya biasa digunakan untuk pelengkap makanan. Khasiatnya adalah merangsang nafsu makan. Selain itu, kuntum bunga pepaya juga bermanfaat untuk meperlancar pencernaan dan mengobati sakit lambung yang biasanya disebabkan oleh lambung yang terluka.

Telah nyata bahwa pepaya merupakan tanaman yang multi guna. Seharusnya pembudidayaan pepaya di Indonesia dapat lebih ditingkatkan, karena kandungan buah pepaya yang membuat manfaatnya yang demikian besar bagi manusia.

0 komentar:

Posting Komentar