Sabtu, 29 Desember 2012

Khasiat Buah Pir dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

gambar buah pir
Khasiat buah pir, buah pir merupakan buah yang kaya akan serat dan termasuk dalam keluarga buah Apel, namun jika apel hanya mengandung 3 gram serat, buah pir ini mengandung 6 gram serat, yang berarti buah pir mengandung 20 persen gizi serat yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Selain dari pada itu, buah pir juga sangat menyehatkan karena bebas kolesterol, bebas lemak, sodium dan diperkaya vitamin C, K dan Kromium.

Buah pir juga adalah buah yang termasuk kategori juicy fruit, karena mengandung banyak air. Buah pir membawa kesegaran, karenanya membuat buah pir sangat digemari.



Buah pir mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah dan hanya mengandung kalori sekitar 100 per buahnya, yang berarti, buah pir sangat baik untuk orang yang memiliki penyakit diabetes dan hypoglycemics.Gula dari makanan yang kadar indeks glikemiknya rendah diserat tubuh secara perlahan, menjaga level gula darah. Buah ini juga kaya akan pektin, serat diet yang mudah laruh dan mampu menurunkan kadar kolesterol dan meregulasi gerakan usus besar.
khasiat buah pir

Manfaat Kesehatan dan Khasiat Buah Pir


1. Tekanan darah
Pir memiliki anti oksidan dan anti karsinogen glutathione yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan mencegah stroke.

2. Mencegah kanker
Vitamin C dengan kadar yang tinggi, menjadikannya memiliki anti oksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Buah pir juga mengandung asam klorogenat (chlorogenic acid) yang merupakan salah satu bagian dari asam hidroksi sinamat (hydroxy cinnamic acid). Asam hidroksi sinamat ini berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah pembentukan sel kanker.

3. Menurunkan kadar Kolesterol
Kadar pektin yang tinggi dalam pir, membuatnya sangat baik dalam membantu menurunkan kadar kolesterol.

4. Kesehatan usus besar
Jika tidak di jus, mengkonsumsi serat buah pir, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus anda.

5. Sembelit
Bila anda sembelit, makanlah buah pir, karena zat pektin dalam pir adalah diuretik dan memiliki efek pencahar ringan. Minum jus buah pir secara teratur membantu meregulasi gerakan usus besar.

6. Menambah Energi
Siapa yang menduga khasiat buah pir salah satunya dapat menambah energi. Kandungan Fruktosa dan glukosa yang tinggi pada buah pir, membuat anda mendapatkan sumber energi yang alami dari jus buah pir.

7. Menurunkan Demam
Efek pendinginan buah pir sangat baik dalam mengurangi demam. Cara terbaik membuat demam turun dengan cepat adalah dengan minum segelas besar jus buah pir.

8. Meningkatkan kekebalan tubuh
Anti oksidan dalam buah pir sangat penting dalam membangun sistem kekebalan tubuh Anda.

9. Mengobati Peradangan
Jus Pear memiliki efek anti-inflamasi dan membantu meringankan penderita sakit peradangan.

10. Osteoporosis
buah pir hijau
Pir mengandung zat boron yang tinggi. Zat Boron membantu tubuh untuk mempertahankan kalsium, sehingga mencegah atau memperlambat osteoporosis.

11. Kehamilan
Tingginya kadar folat (folic acid) mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

12. Sesak napas
Musim panas dapat menyebabkan anak-anak memiliki sesak napas dengan dahak yang berlebihan. Minum jus buah pir selama periode ini untuk membantu membersihkan dahak.

13. Masalah Tenggorokan.
Minum jus pir setiap pagi dan malam membantu untuk mendinginkan tubuh Anda. Hal ini juga dapat memelihara tenggorokan dan membantu mencegah masalah tenggorokan.

Setelah kita mengetahui khasiat buah pir dan manfaatnya untuk kesehatan, rasanya rugilah kita jika tidak mengonsumsi buah ini. Salam kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar