Selasa, 25 Desember 2012

Khasiat Buah Apel

foto buah apel
Ada yang bilang bahwa jika kita mengkonsumsi satu buah apel setiap hari, maka kita tidak akan jauh dari dokter, oh yah, benarkah? mungkin kalimat tersebut ada benarnya, jika kita melihat khasiat buah apel untuk kesehatan. Berikut ini adalah sepuluh manfaat kesehatan yang dapat diberikan oleh apel.

Melindungi Tulang

seorang peneliti perancis menemukan bahwa kandungan flavanoid yang disebut phloridzin ditemukan hanya dalam buah apel dapat melindungi wanita dari osteoporosis pasca-menopause serta dapat meningkatkan kepadatan tulang. selain itu Boron, zat lain dalam apel, juga dapat memperkuat tulang.



Mengurangi Gejala Asma

sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa anak-anak berpenyakit asma yang minum jus apel setiap hari kondisinya lebih baik dari anak-anak yang minum jus apel hanya sekali dalam sebulan. pada studi lain menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang banyak mengkonsumsi apel selama kehamilan memiliki resiko lebih kecil terhadap asma dibandingkan anak-anak yang ibunya hanya makan beberapa apel saja.
gambar buah apel


Pencegahan Alzheimer (penuaan otak)

Sebuah penelitian pada tikus di Universitas Cornell menemukan quercetin yang berada di dalam kandungan apel, dapat melindungi sel-sel otak dari jenis kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit alzheimer.

Menurunkan kadar Kolesterol

Khasiat buah apel yang lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol. Zat pektin dalam apel dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. orang yang makan dua buah apel per hari bisa menurunkan kolesterol hingga 16 persen.

Mencegah Kanker Paru

Menurut sebuah studi dari 10.000 orang, mereka yang mengkonsumsi apel memiliki resiko 50 persen lebih rendah terkena kanker paru-paru. Para peneliti percaya ini disebabkan tingginya tingkat zat flavonoids, quercetin dan naringin dalam apel.
Khasiat Buah Apel
Mencegah Kanker Payudara

Sebuah studi Universitas Cornell menemukan bahwa tikus yang makan satu apel per hari mengurangi resiko kanker payudara sebesar 17 persen. Tikus yang makan tiga apel per hari mengurangi resiko sebesar 39 persen dan mereka yang makan enam apel per hari mengurangi resiko sebesar 44 persen. studi Colon Cancer Prevention One menemukan bahwa tikus yang diberi ekstrak dari kulit apel memiliki resiko 43 persen lebih rendah dari kanker usus besar. Penelitian lain menunjukkan bahwa pektin dalam apel akan mengurangi resiko kanker usus besar dan membantu mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

Mencegah Kanker Hati

Sebuah penelitian menemukan bahwa tikus yang diberi makan dari ekstrak kulit apel memiliki resiko 57 persen lebih rendah dari kanker hati.

Mengontrol Diabetes

Pektin dalam apel memberikan asam galacturonic untuk tubuh yang menurunkan kebutuhan tubuh akan insulin dan dapat membantu dalam mengontrol diabetes.

Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian di Brazil menemukan bahwa wanita yang makan tiga apel atau pir per hari mengalami penurunan berat badan lebih banyak sewaktu diet, daripada wanita yang tidak makan buah saat diet.

Setelah tahu, khasiat buah apel, rugi rasanya jika kita tidak mengkonsumsi buah ini. ayo kita hidup sehat.

0 komentar:

Posting Komentar